%0 Generic %A ., Mariyun %C Universitas Lampung %D 2013 %F eprints:468 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJA SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW SD NEGERI 2 BUKIT GEMURUH WAY TUBA KABUPATEN WAY KANAN %U http://digilib.unila.ac.id/468/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 2 Bukit Gemuruh, Untuk mengatasi masalah tersebut digunakan model Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Penelitian bertujuanmeningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Bukit GemuruhKecamatan Way Tuba Kabupaten Way Kanan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas yang diterapkan adalah melalui dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan panduan observasi dan soal-soal tes. Data yang terkumpul di analisis dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian membuktikan terjadi peningkatan aktivitas siswa. Aktivitas siswa pada siklus I adalah 68.37%, siklus II adalah 79,99, terjadi peningkatan sebesar 11,62%. Hasil belajar siklus I adalah 68,96, terjadi peningkata pada siklus II menjadi 92,60. Kata kunci : aktivitas, hasil belajar.