%A 1016021088 Retno Mahdita %T STRATEGI MARKETING POLITK RIDHO FICARDO ? BAKHTIAR BASRI MELALUI MEDIA CETAK PADA PEMILIHAN GUBERNUR LAMPUNG PERIODE 2014-2019 (Studi pada Harian Lampung Post dan Radar Lampung) %X Jumlah pembaca media cetak yang semakin menurun menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi kandidat untuk mensosialisasikan dirinya. Banyak media lain yang lebih modern seperti internet yang bisa dimanfaatkan oleh kandidat sebagai media promosi yang lebih efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi marketing politik apa yang digunakan oleh Ridho Ficardo dan tim pemenangan sebagai kandidat Gubernur Lampung periode 2014-2019 yang dilakukan melalui Harian Lampung Post dan Radar Lampung. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ridho Ficardo ? Bakhtiar Basri dan tim pemenangan menggunakan beberapa strategi marketing politik antara lain strategi pemilihan media (Lampung Post dan Radar Lampung), strategi brand building dan tagline (penggunaan ciri khas pakaian dan jargon ?memberi dan melayani?) dan strategi penulisan berita (a. Strategi publikasi dilakukan dengan menyebarkan informasi melalui suatu berita atau suatu kegiatan, tujuannya membuat masyarakat menjadi akrab dengan sosok kandidat tersebut, sehingga memilih kandidat tersebut pada pemilihan, b. Strategi persuasif dilakukan untuk membujuk dan mengajak masyarakat memilih kandidat dengan cara membuat opini publik yang positif sehingga menguntungkan bagi kandidat tersebut, c. Strategi argumentasi dibuat untuk mengantisipasi berita negatif yang terbit mengenai kandidat, sehingga opini publik tetap berada pada posisi yang menguntungkan, d. Strategi pencitraan dibuat untuk menjaga citra kandidat tetap baik sehingga masyarakat tertarik dari segi emosional untuk memilih kandidat tersebut pada pemilihan. Kata Kunci: marketing politik, pemilihan gubernur, media cetak. The number of readers of print media has declined raises its own concerns for candidates to promote themselves . Many other more modern media such as the internet which can be used by candidates as media campaigns more effective . The purpose of this study was to determine what political marketing strategy used by Ridho Ficardo and winning team as a candidate for Governor of Lampung period 2014-2019 conducted by Daily Post and Radar Lampung Lampung . This type of research in this study was a descriptive study with a qualitative approach . The results showed that Ridho Ficardo - Bakhtiar Basri and the winning team use some political marketing strategies include media selection strategy ( Post and Radar Lampung Lampung ) , brand building strategy and tagline ( the use of clothing and jargon typical of " giving and serving " ) and strategy news writing ( a. Strategy publication by disseminating information through a news or an activity , aim to make people become familiar with the figure of the candidate , so choosing the candidates in the election , b . Strategies persuasive done to persuade and encourage people to vote for candidates by making positive public opinion so favorable to the candidate , c . Strategies argument is made in anticipation of negative news published about the candidates , so that public opinion remains in a favorable position , d . Strategy imaging is made to keep the image remains good candidates so that the public interest in terms of emotional to vote on the selection of candidates. Key-words : political marketing , governor election, pressed media. %C Universitas Lampung %D 2014 %I Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik %L eprints4696