%A GUSNIAH . %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS IV A SDN 1 KALIAWI TANJUNG KARANG PUSAT BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 %X Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas IV A SDN 1 Kaliawi Bandar Lampung pada mata pelajaran matematika dalam materi mengurutkan bilangan menunjukkan aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah atau belum mencapai KKM yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika siswa kelas IV A SDN 1 Kaliawi Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014 melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus di mana setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Objek penelitian ini adalah siswa kelas IV A SDN 1 Kaliawi Bandar Lampung sebanyak 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi untuk aktivitas belajar siswa dan aktivitas guru mengajar, sedangkan untuk memperoleh data hasil belajar siswa terhadap materi yang dipelajari, maka digunakan soal evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas siswa siklus I adalah 36%, pada siklus II 88. Hasil belajar siswa siklus I diperoleh nilai rata-rata 60 dan pada siklus II meningkat menjadi 85. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV A SDN 1 Kaliawi Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Aktivitas, Hasil belajar %C Universitas Lampung %D 2013 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints470