creators_name: Zubir Nuri , TRISNA YULIZA type: other datestamp: 2014-01-16 07:14:47 lastmod: 2014-01-16 07:14:47 metadata_visibility: show title: PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 METRO PUSAT ispublished: pub subjects: LB subjects: LB1501 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini di latar belakangi oleh aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV SD Negeri 3 Metro Pusat yang relatif rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menggunakan model Cooperative learning Tipe STAD pada siswa Kelas IV SD Negeri 3 Metro Pusat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas IV SD Negeri 3 Metro Pusat. Data penelitian berupa data kuantitatif yaitu berupa data nilai evaluasi akhir siklus dan data kualitatif berupa data observasi aktivitas siswa. Data diambil dengan menggunakan instrumen penelitian yang terdiri atas lembar observasi untuk aktivitas belajar dan soal tes untuk hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Aktivitas belajar siswa rata-rata siklus 1 (41,67%), siklus II (54,00%), siklus III (65,33%) hasil rekapitulasi peningkatan terhitung (1) dari siklus 1 ke siklus II meningkat (63,33%) dan (2) dari siklus II ke siklus III meningkat (82,58%), sedangkan hasil belajar siswa meningkat dari siklus 1 sampai siklus III, dimana nilai rata-rata siklus II meningkat dari nilai rata-rata siklus 1 yaitu 41,33 menjadi 50,33 dan nilai rata-rata siklus III meningkat menjadi 71,00. Berdasarkan hasil pengamatan dapat disimpulkan bahwa penerapan Cooperative Learning tipe STAD oleh guru yang mengajar kelas IV SD Negeri 3 Metro Pusat Tahun Pelajaran 2012/2013 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci : Hasil Belajar, Cooperative Learning tipe STAD. date: 2013-03-03 date_type: published publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan place_of_pub: Universitas Lampung related_url_type: pub citation: Zubir Nuri , TRISNA YULIZA (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 METRO PUSAT. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/472/1/COVER%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/472/2/ABSTAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/472/3/HAL%20PERSETUJUAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/472/4/HAL%20PENGESAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/472/5/PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/472/6/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/472/7/DAFTAR%20TABEL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/472/8/DAFTAR%20GAMBAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/472/9/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/472/10/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/472/11/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/472/12/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/472/13/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/472/14/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/472/15/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/472/16/LAMPIRAN.zip