?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENINGKATAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+SISWA%0D%0AMELALUI+MODEL+COOPERATIVE+LEARNING+TIPE%0D%0AGROUP+RESUME+PADA+MATA+PELAJARAN+IPS%0D%0AKELAS+VA+SDN+2+METRO+UTARA%0D%0ATAHUN+PELAJARAN+2012%2F2013&rft.creator=Untung%2C+DESI+AYUNA&rft.subject=LB1501+Primary+Education&rft.subject=QA+Mathematics&rft.description=Penelitian+ini+dilatarbelakangi+oleh+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa+yang%0D%0Amasih+rendah+di+kelas+VA+SDN+2+Metro+Utara+khususnya+pada+mata+pelajaran+IPS.%0D%0ATujuan+penelitian+ini+adalah+untuk+meningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa%0D%0Apada+mata+pelajaran+IPS+dengan+menggunakan+model+Cooperative+Learning+Tipe%0D%0AGroup+Resume.%0D%0AMetode+penelitian+menggunakan+Penelitian+Tindakan+Kelas+dengan+tiga+siklus%0D%0Adan+masing-masing+siklus+melalui+empat+tahapan%2C+yaitu+perencanaan%2C+pelaksanaan%2C%0D%0Apengamatan+dan+refleksi.+Teknik+pengambilan+data+dilakukan+dengan+cara+observasi%0D%0Adan+tes+hasil+belajar.+Alat+pengumpulan+data+menggunakan+lembar+observasi+dan%0D%0Asoal-soal+tes+kemudian+dianalisis+dengan+data+kualitatif+dan+data+kuantitatif.%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+adanya+peningkatan+persentase+aktivitas+dan%0D%0Ahasil+belajar+siswa+setiap+siklus.+Persentase+aktivitas+belajar+siswa+pada+siklus+I%0D%0Asebesar+66%2C72%25%2C+meningkat+pada+siklus+II+sebesar+71%2C25%25%2C+dan+meningkat+lagi+pada%0D%0Asiklus+III+sebesar+79%2C53%25.+Peningkatan+dari+siklus+I+ke+siklus+II+sebesar+4%2C53%25%2C+siklus%0D%0AII+ke+siklus+III+sebesar+8%2C28%25.+Begitu+pula+hasil+belajar+siswa+yang+selalu+meningkat%0D%0Adari+nilai+rata-rata+64%2C4+pada+siklus+I%2C+menjadi+69%2C5+pada+siklus+II%2C+dan+77+pada+siklus%0D%0AIII.+Peningkatan+rata-rata+hasil+belajar+siswa+dari+siklus+I+ke+siklus+II+sebesar+5%2C1%2C%0D%0Asiklus+II+ke+siklus+III+sebesar+7%2C5.%0D%0AKata+kunci%3A+Aktivitas+Siswa%2C+Hasil+Belajar+dan+Model+Cooperative+Learning+Tipe%0D%0AGroup+Resume.&rft.publisher=FKIP&rft.date=2014-01-16&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F476%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F476%2F2%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F476%2F3%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F476%2F4%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F476%2F5%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F476%2F6%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F476%2F7%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=archive&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F476%2F8%2FLAMPIRAN.zip&rft.identifier=++Untung%2C+DESI+AYUNA++(2014)+PENINGKATAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+SISWA+MELALUI+MODEL+COOPERATIVE+LEARNING+TIPE+GROUP+RESUME+PADA+MATA+PELAJARAN+IPS+KELAS+VA+SDN+2+METRO+UTARA+TAHUN+PELAJARAN+2012%2F2013.++FKIP%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F476%2F