?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=+%0D%0APENINGKATAN+AKTIVITAS+DAN+PRESTASI+BELAJAR+SISWA+MELALUI+MEDIA+GAMBAR+MATA+PELAJARAN+IPA+%0D%0AMATERI+SUMBER+DAYA+ALAM+KELAS+IV+SD+NEGERI+2+KEMILING+PERMAI+%0D%0ATAHUN+PELAJARAN+2012%2F2013++&rft.creator=Ratu+Sangun+%2C+SITI+ROGAIYAH+&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=LB1501+Primary+Education&rft.description=Tujuan+penelitian+yang+telah+dilakukan+pada+kelas+IV+SD+Negeri+2+Kemiling+Permai+ini+adalah+untuk+mendeskripsikan+%3A+1)+Peningkatan+hasil+belajar+IPA+melalui+media+Gambar+%3B+2)+Meningkatkan+penguasaan+materi+IPA+%3B+3)+Meningkatkan+aktivitas+siswa+dalam+pembelajaran+IPA.+Berdasarkan+pengamatan+di+kelas+IV+SD+Negeri+2+Kemiling+Permai+bahwa+kemampuan+30+siswa+yang+terdiri+dari+16+siswa+laki-laki+dan+14+siswa+perempuan+dalam+pembelajaran+Ilmu+Pengetahuan+Alam+kurang+memuaskan.+Hal+ini+dapat+dilihat+ketika+guru+menugaskan+siswa+untuk+mengerjakan+soal.+Beberapa+siswa+hasilnya+sangat+rendah.+Hal+ini+disebabkan+beberapa+siswa+tidak+mengerti+dengan+media+gambar+yang+disajikan+dikelas.+Metode+penelitian+ini+menggunakan+penelitian+tindakan+kelas.+Penelitian+dilaksanakan+dalam+dua+siklus+yang+masing-masing+siklus+terdiri+dari+empat+tahap+yaitu%3A+perencanaan+(Planing)%2C+implementasi+(tindakan)%2C+Observasi+(Pengamatan)+dan+refleksi.+Data+yang+telah+diperoleh+pada+setiap+tahapan+tindakan+penelitian+dianalisis+dengan+menggunakan+data+kuantitatif+dan+data+kualitatif.+Berdasarkan+temuan+dan+hasil+analisis+pembelajaran+di+SD+Negeri+2+Kemiling+Permai+dapat+ditarik+kesimpulan+bahwa+Peningkatan+Aktivitas+Dan+Prestasi+Belajar+Siswa+Melalui+media+gambar+cukup+efektif+untuk+pembelajaran+IPA.+Secara+kualitatif+siswa+lebih+termotivasi+dan+lebih+kreatif+dalam+melakukan+pembelajaran+IPA%2C+diantaranya%3A+1)+Aktivitas+belajar+siswa+meningkat+dari+siklus+1+ke+siklus+II%3B+2)+Hasil+belajar+siswa+meningkat+dari+siklus+I+ke+Siklus+II+rata-rata+55%2C5+menjadi+75%2C5.+%0D%0AKata+Kunci+%3A++++Aktivitas+dan+Prestasi+Belajar%2C+Pembelajaran+IPA+melalui+Media+++++Gambar.+&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2013-04-05&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F478%2F1%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F478%2F2%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F478%2F3%2FLEMBAR%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F478%2F4%2FLEMBAR%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F478%2F5%2FLEMBAR%2520PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F478%2F6%2FDAFTAR%2520%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F478%2F7%2FDAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F478%2F8%2FDAFTAR%2520GAMBAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F478%2F9%2FDAFTAR%2520LAMPIRAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F478%2F10%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F478%2F11%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F478%2F12%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F478%2F13%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F478%2F14%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F478%2F15%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=archive&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F478%2F16%2FLAMPIRAN.zip&rft.identifier=++Ratu+Sangun+%2C+SITI+ROGAIYAH+++(2013)++PENINGKATAN+AKTIVITAS+DAN+PRESTASI+BELAJAR+SISWA+MELALUI+MEDIA+GAMBAR+MATA+PELAJARAN+IPA+MATERI+SUMBER+DAYA+ALAM+KELAS+IV+SD+NEGERI+2+KEMILING+PERMAI+TAHUN+PELAJARAN+2012%2F2013.++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F478%2F