?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENG%0D%0AARUH+PENGGUNAAN%0D%0AMODEL+P%0D%0AEMBELAJARAN%0D%0AVISUAL%0D%0AAUDITORI%0D%0AK%0D%0AINESTETIK+(VAK)+TER%0D%0AHADAP+PENINGKATAN+HASIL+BELAJAR+SISWA%0D%0AMATA+PELAJARAN+IPS+SIS%0D%0AWA+KELAS+VIII+DI+SMP+NEGERI+2%0D%0APR%0D%0AINGSEWU+TAHUN+PELAJARAN+2013%2F2014&rft.creator=Herlina+Apriyanti%2C+1013033078&rft.subject=+&rft.description=Untuk+menciptakan+generasi+penerus+bangsa+yang+berkualitas%2C+salah+satu+upaya+yang+dapat+ditempuh+adalah+melalui+pendidikan.+Oleh+karena+itu+pendidikan+perlu+mendapatkan+perhatian+dari+semua+pihak.+Salah+satu+ukuran+keberhasilan+pencapaian+pendidikan+dapat+dilihat+dari+hasil+belajar+siswa.+Dan+oleh+sebab+itu+guru+harus+menerapkan+suatu+model+pembelajaran+yang+mampu+mengoptimalkan+hasil+belajar+siswa+di+SMP+N+02+Pringsewu.+Salah+satu+model+pembelajaran+tersebut+adalah+Visual+Auditori+Kinestetik+(VAK).+VAK+adalah+model+pembelajaran+yang+difokuskan+pada+pemberian+pengalaman+belajar+secara+langsung+dan+menyenangkan.%0D%0ARumusan+masalah+dalam+penelitian+ini+adalah+1.+Apakah+ada+pengaruh+yang+signifikan+penggunaan+model+pembelajaran+Visual+Auditori+Kinestetik+terhadap+hasil+belajar+kognitif+siswa+pada+mata+pelajaran+IPS+terpadu+siswa+kelas+VIII+di+SMP+Negeri+2+Pringsewu%3F%E2%80%9D+2.+Sejauh+mana+taraf+signifikansi+pengaruh+penggunaan+model+pembelajaran+Visual+Auditori+Kinestetik+terhadap+hasil+belajar+kognitif+siswa+pada+mata+pelajaran+IPS+terpadu+kelas+VIII+di+SMP+Negeri+2+Pringsewu+%3F%E2%80%9D.+Penelitian+ini+menggunakan+metode+penelitian+eksperimen.+Populasi+dalam+penelitian+ini+adalah+seluruh+siswa+kelas+VIII+SMP+Negeri+2+Pringsewu+tahun+pelajaran+2013%2F2014+yang+berjumlah+291+orang.+Sampel+diambil+menggunakan+teknik+Purposive+Random+Sampling+(sampling+pertimbangan)+ialah+teknik+sampling+yang+digunakan+peneliti+jika+peneliti+mempunyai+pertimbangan-pertimbangan+tertentu+dalam+pertimbangan+sampelnya+untuk+tujuan+tertentu.+Desain+yang+digunakan+dalam+penelitian+ini+adalah+One+Group+Pretest+Posttest+Design+dengan+data+hasil+belajar+siswa+yang+diperoleh+melalui+Pretest+pada+awal+pembelajaran+dan+posttest+pada+akhir+pembelajaran.%0D%0AHasil+penelitian+menunjukan+bahwa+penggunaan+model+Visual+Auditori+Kinestetik+(VAK)+sebagai+berikut%3A+1.+Berdasarkan+uji+hipotesis+diketahui+bahwa+nilai+rata-rata+posttest+kelas+eksperimen+lebih+tinggi+dari+pada+nilai+rata-rata+pretest.+Nilai+rata-rata+pada+kelas+eksperimen+pada+saat+pretest+61%2C+dan+nilai+rata-rata+pada+kelas+posttest+67%2C43.+Hal+ini+berarti+nilai+rata-rata+pada+saat+posttest+lebih+tinggi+dibadingkan+dengan+rata-rata+pada+saat+pretest.+Dilihat+dari+pencapaian+tahapan+kognitif+yang+berhasil+dicapai+pada+penerapan+pembelajaran+Visual+Auditori+Kinestetik+rata-rata+pencapaian+kognitifnya+sebesar+67%2C72%25.+2.+Setelah+dilakukan+analisis+data+pada+nilai+pretest+dan+posttest+kelas+eksperimen+dan+dengan+menggunakan+uji+signifikansi+%2C+yaitu+dengan+uji+parametrikT%2C+Dari+uji+kesamaan+dua+rata-rata+yang+telah+dilakukan+diperoleh+nilai+dari+hasil+perhitunganya+itu+nilai+thitung%3D+9.3017+%3Ettabel%3D+2.042+sehingga+H0+ditolak+yang+berarti+bahwa+model+pembelajaran+Visual+Auditori+Kinestetik+memberikan+pengaruh+terhadap+rata-rata+hasil+pretest+dan+hasil+posttest+pada+kelas+eksperimen+yang+diajarkan+dengan+menggunakan+model+pembelajan+Visual+Auditori+Kinestetik.+3.+Berdasarkan+perhitungan+uji+analisis+data+statistik+dengan+menggunakan+rumus+korelasi+dari+hasil+perhitungan+yaitu+r+%3D+0.861742+dan+kadar+determinasi+sebesar+14%2C227%25+H0+ditolak+dan+H1+diterima%2C+Sehingga+dapat+disimpulkan+bahwa+Taraf+signifikansi+sebesar+0.861+dilihat+dari+tabel+taraf+signifikansi+termasuk+kategori+sangat+kuat+dengan+kadar+determinasi+atau+seberapa+besar+pengaruhnya+adalah+sebesar+14%2C227%25+Dengan+kata+lain%2C+taraf+signifikansi+dari+pengaruh+penggunaan+model+pembelajaran+Visual+Auditori+Kinestetik+sangat+kuat+terhadap+hasil+belajar+kognitif+pada+mata+pelajaran+IPS+Terpadu+kelas+VIII+di+SMP+Negeri+2+Pringsewu.&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2014-10-13&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4804%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4804%2F2%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4804%2F3%2FHALAMAN%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4804%2F4%2FHALAMAN%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4804%2F5%2FHALAMAN%2520PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4804%2F6%2FRIWAYAT%2520HIDUP.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4804%2F7%2FPERSEMBAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4804%2F8%2FMOTO.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4804%2F9%2FSANWACANA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4804%2F10%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4804%2F11%2FDAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4804%2F12%2FDAFTAR%2520LAMPIRAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4804%2F13%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4804%2F14%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4804%2F15%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4804%2F16%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4804%2F17%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4804%2F18%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++Herlina+Apriyanti%2C+1013033078++(2014)+PENG+ARUH+PENGGUNAAN+MODEL+P+EMBELAJARAN+VISUAL+AUDITORI+K+INESTETIK+(VAK)+TER+HADAP+PENINGKATAN+HASIL+BELAJAR+SISWA+MATA+PELAJARAN+IPS+SIS+WA+KELAS+VIII+DI+SMP+NEGERI+2+PR+INGSEWU+TAHUN+PELAJARAN+2013%2F2014.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4804%2F