@misc{eprints4855, month = {Oktober}, title = {PENGARUH KESENJANGAN DIGITAL TERHADAP LITERASI INTERNET GURU SMK SWASTA DI KOTA BANDARLAMPUNG (Studi Pada Guru SMK Swasta Di Kota Bandarlampung) }, author = {1016031090 Dewi Alifia Febrianti}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/4855/}, abstract = {Dunia internet sangatlah luas, banyak informasi yang terdapat di dalamnya, mulai dari hal yang positif sampai dengan negatif. Untuk itu di perlukan adanya literasi dalam proses pengaksesan internet. Tujuan dari penelitian ini: 1) Mengetahui pengaruh kesenjangan digital terhadap literasi internet guru SMK Swasta di Kota Bandarlampung, 2) Mengetahui perbedaan literasi internet guru SMK Swasta di Kota Bandarlampung pada sekolah yang senjang secara digital. Penelitian ini menggunakan model Assesment Elena E Pernia dengan 3 variabel pengamatan yaitu Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap. Populasi penelitian ini adalah guru di 31 SMK Swasta di kota Bandarlampung. Sampel penelitian ini adalah 3 SMK Swata di kota Bandarlampung yang sudah di kategorikan sesuai kriteria kesenjangan digital, dan sekolah tersebut: SMK 2 Mei, SMK Arjuna dan SMK Dharmapala. Metode Penelitian menggunakan survei dengan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh kesenjangan digital terhadap literasi internet guru. Terbukti terdapat uji beda pada 3 variabel literasi internet yaitu Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap. Pada Variabel Pengetahuan: t-hitung (59,646) {\ensuremath{>}} t-tabel (1,983), di Variabel Keterampilan: t-hitung (54,466) {\ensuremath{>}} t-tabel (1,983), dan Variabel Sikap: t-hitung (67,178) {\ensuremath{>}} t-tabel (1,983) Kata kunci: Kesenjangan Digital, Literasi Internet. The purpose of this study are: 1. To reveals the effect of digital gap toward internet literacy of vocational teacher in Bandar Lampung, 2. To reveals the internet literacy difference of vocational teachers in schools which still have digital gap. This study uses Elena E. Pernia Assessment models, whose main factors in measuring Internet literacy are Knowledge, Skills and Attitude. The population in this research are vocational teachers in 31 schools in Bandar Lampung. The sampels which taken are from 3 senior high schools in Bandar Lampung that fit with the criteria digital divide, and they are SMK 2 Mei, SMK Arjuna and SMK Dharmapala. Research method employs survey with questionair as the mean to collect data. The research reveals that digital divide seems affecting teachers internet literacy. Assert by one-way Anova (contrast measure) on the three internet literacy variables: Knowledge, Skills relates to internet, and attitude. On knowledge variable: t-count (59,646) {\ensuremath{>}} t-tabel (1,983); on skill variable: t-count (54,466) {\ensuremath{>}} t-tabel (1,983); dan on attitude variable: t-count (67,178) {\ensuremath{>}} t-tabel (1,983). Keywords: Digital Divide, Internet Literacy. } }