@misc{eprints4879, month = {Oktober}, title = {PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK FOTOSINTESIS (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Gadingrejo Tahun Pelajaran 2013/2014) }, author = {1013024073 Ayu Windarwati}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/4879/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan lembar kerja siswa (LKS) Inkuiri Terbimbing terhadap keterampilan proses sains (KPS) pada materi pokok fotosintesis di SMP Negeri 2 Gadingrejo. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa adalah kelas VII. G dan VII. H di SMP Negeri 2 Gadingrejo yang ditentukan secara acak dengan teknik sampling yakni purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa keterampilan proses sains siswa yang diperoleh dari nilai rata-rata pretest, post test dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji-u. Data kualitatif dalam penelitian ini berupa data keterampilan proses sains dan data tanggapan siswa terhadap penggunaan LKS Inkuiri Terbimbing yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan LKS Inkuiri Terbimbing berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan proses sains (KPS) siswa yang dibuktikan dengan X ? pretes eksperimen = 11,32 {$\pm$} 8,38 ; X ? postes eksperimen = 78,06 {$\pm$} 12,26 ; X ? N-gain = 0,75 {$\pm$} 0,14. Masing-masing indikator KPS mengalami peningkatan Namun tidak semua indikator mengalami peningkatan berbeda secara signifikan. Indikator KPS yang mengalami peningkatan berbeda secara signifikan yaitu pada aspek menghipotesis rata-rata N-gain 0,73 {$\pm$} 0,4, pada aspek menginterpretasi 0,61 {$\pm$} 0,32, aspek menginferensi 0,66 {$\pm$} 0,23,dan pada aspek memprediksi 0,79 {$\pm$} 0,36. Sedangkan pada aspek mengkomunikasikan 0,92 {$\pm$} 0,22, aspek mengklasifikasi 0,76 {$\pm$} 0,43, dan aspek mengamati 0,80 {$\pm$} 0,24 mengalami peningkatan tidak berbeda signifikan. Berdasarkan observasi rata-rata keterampilan proses sains (KPS) siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen yaitu 81\% dengan kriteria tinggi. Selain itu, sebagian besar siswa (89,92\%) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan LKS Inkuiri Terbimbing. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan LKS Inkuiri Terbimbing berpengaruh signifikan dalam meningkatkan keterampilan proses sains (KPS) siswa pada materi pokok fotosintesis. Kata kunci : Fotosintesis, Keterampilan Proses Sains (KPS), LKS Inkuiri Terbimbing, This study was aimed to determine the effect of Student Work Sheet based on Guided Inquiry of Science Process Skill. Study design was pretest-posttest non-equivalent group. Samples were VIIG dan VIIH, chosen by Purposive Sampling. Quantitative data which obtained from the average value of test were analyzed by t-test and U-test. The qualitative data was students Science Process Skill from the observation sheet and questionnaire responses that analyzed descriptively. The results showed that the use of Student Work Sheet based on Guided Inquiry can improve students Science Process Skill. It shown by the experimental class value of N-gain 0,75 was higher then control class N-gain 0,57, its different significantly. Observation result of Science Process Skill has high criteria (81\%), and most of the students gave positive respond to Student Work Sheet based on Guided Inquiry.} }