@misc{eprints4883, month = {Oktober}, title = {PENGGUNAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI DI SEKOLAH PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KOTAGAJAH LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2013/2014}, author = {1013052021 DYAH RAHAYU ARMANTO}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/4883/}, abstract = {ABSTRAK PENGGUNAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI DI SEKOLAH PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KOTAGAJAH LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 Oleh DYAH RAHAYU ARMANTO Masalah penelitian ini adalah kemampuan penyesuaian diri siswa di sekolah. Permasalahannya adalah ?apakah kemampuan penyesuaian diri di sekolah dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kotagajah?. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan penyesuaian diri siswa di sekolah melalui layanan bimbingan kelompok. Metode penelitian adalah metode quasi eksperimen desain nonequievalent control group design. Subjek penelitian sebanyak 24 orang siswa dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, masing-masing terdiri dari 12 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala penyesuaian diri siswa di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penyesuaian diri siswa di sekolah dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok, terbukti dari hasil analisis data penyesuaian diri siswa di sekolah menggunakan uji-t, dari hasil analisis data post-test antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh thitung = 3,215 dan ttabel 0, 05 = 1.717. thitung {\ensuremath{>}} ttabel. Dengan demikian, Ha diterima, artinya bahwa kemampuan penyesuaian diri di sekolah dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kotagajah Lampung Tengah tahun pelajaran 2013/2014. Kesimpulannya adalah kemampuan penyesuaian diri disekolah dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kotagajah tahun pelajaran 2013/2014. Saran yang diberikan adalah kepada (1) Siswa hendaknya mengikuti kegiatan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri di sekolah, (2) Guru bimbingan dan konseling hendaknya mengadakan kegiatan bimbingan kelompok secara rutin untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri di sekolah (3) Peneliti lain yang akan melakukan penelitian tentang kemampuan penyesuaian diri di sekolah dengan bimbingan kelompok hendaknya dapat menggunakan subjek berbeda dan meneliti variabel lain dengan mengontrol variabel yang sudah diteliti sebelumnya. Kata kunci: bimbingan dan konseling, bimbingan kelompok, penyesuaian diri di sekolah} }