%A 1013021002 Ardiyanti %T Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Uraian Berbentuk Soal Cerita pada Pembelajaran Matematika (Studi pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 28 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014) %X This qualitative-descriptive research aimed to know the student?s errors in solving mathematics word problems viewed by four aspects, such as understanding the question, making model of mathematics, doing calculation, and making conclusions. The subjects of this research were students of VII B class of SMPN 28 of Bandar Lampung in academic year of 2013/2014. The collecting data was done by test and interview. The data analysis was done by data reduction, data display, and conclusion. Based on the result of research, students? errors in solving mathematics word problem were: (1) understanding the question (81,03%) (2) making model of mathematics (56,03%) (3) doing calculation (56,90%) (4) making conclusions (57,76%). The biggest student?s error was understanding the question aspect. This case was caused students weren?t able to solve question sistematicly. Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari empat aspek, yaitu memahami soal, membuat model matematika, melakukan komputasi, dan menarik kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMPN 28 Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika adalah: (1) memahami soal (81,03%) (2) membuat model matematika (56,03%) (3) melakukan komputasi (56,90%) (4) menarik kesimpulan (57,76%). Kesalahan terbesar siswa adalah aspek memahami soal. Hal ini disebabkan siswa tidak mampu mengerjakan soal secara sistematis. Kata kunci: kesalahan, matematika, penyelesaian soal cerita %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints4887