@misc{eprints491, month = {Pebruari}, title = { PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS V SDN 3 PAREREJO KECAMATAN GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU }, author = {Andayani .}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2013}, url = {http://digilib.unila.ac.id/491/}, abstract = {Berdasarkan hasil observasi awal pembelajaran IPA di kelas V SDN Parerejo diketahui untuk ketuntasan hasil belajar rendah. Selain itu keaktifabelajar siswa juga masih rendah. Siswa masih banyak yang berbicara sendiri dengan teman dan bersikap kurang serius dalam mendengarkan materi. Tujuapenelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA melalui metodeinkuiri. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakadalam dua siklus. Rancangan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitperencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Yanmenjadi subyek penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 18 orang. Teknikpengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Instrumennya adalah menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode inkuiri dapmeningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA. Hasil observasi siklus menunjukkan bahwa aktivitas siswa dari 18 orang, hanya 10 orang yang aktidalam mengikuti pembelajaran, sedangkan yang 8 orang masih kurang aktimengikuti pembelajaran. Sedangkan pada siklus 2 semua siswa sudah aktimengikuti pembelajaran. Hasil belajar siswa siklus 1 dari 18 orang yanmendapat nilai di atas 65 atau yang sudah tuntas ada 12 orang atau 66,67\% dayang mendapat nilai di bawah 65 ada 6 orang atau 33,33\%. Sedangkan hasilpembelajaran pada siklus 2 setelah menggunakan metode pembelajaran inkuiri,rata-rata nilai siswa mengalami peningkatan. Semua siswa sudah memenuhi KKM yaitu 65, dengan rata-rata nilai 75,56.. Kata kunci : inkuiri, aktivitas, dan hasil belajar } }