?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=+%0D%0APENINGKATAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+IPA+MELALUI+METODE+INKUIRI+PADA+SISWA+KELAS+V+SDN+3+PAREREJO+%0D%0AKECAMATAN+GADINGREJO++KABUPATEN+PRINGSEWU+&rft.creator=.%2C+Andayani+&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=LB1501+Primary+Education&rft.description=Berdasarkan+hasil+observasi+awal+pembelajaran+IPA+di+kelas+V+SDN+Parerejo+diketahui+untuk+ketuntasan+hasil+belajar+rendah.+Selain+itu+keaktifabelajar+siswa+juga+masih+rendah.+Siswa+masih+banyak+yang+berbicara+sendiri+dengan+teman+dan+bersikap+kurang+serius+dalam+mendengarkan+materi.+Tujuapenelitian+ini+adalah+meningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar+IPA+melalui+metodeinkuiri.++%0D%0APenelitian+ini+menggunakan+penelitian+tindakan+kelas%2C+yang+dilaksanakadalam+dua+siklus.+Rancangan+masing-masing+siklus+terdiri+dari+4+tahap%2C+yaitperencanaan+tindakan%2C+pelaksanaan+tindakan%2C+observasi%2C+dan+refleksi.+Yanmenjadi+subyek+penelitian+ini+adalah+siswa+kelas+V+sebanyak+18+orang.+Teknikpengumpulan+data+yang+digunakan+adalah+observasi.+Instrumennya+adalah+menggunakan+lembar+observasi.+%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+penerapan+metode+inkuiri+dapmeningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar+IPA.+Hasil+observasi+siklus+menunjukkan+bahwa+aktivitas+siswa+dari+18+orang%2C+hanya+10+orang+yang+aktidalam+mengikuti+pembelajaran%2C+sedangkan+yang+8+orang+masih+kurang+aktimengikuti+pembelajaran.+Sedangkan+pada+siklus+2+semua+siswa+sudah+aktimengikuti+pembelajaran.+Hasil+belajar+siswa+siklus+1+dari+18+orang++yanmendapat+nilai+di+atas+65+atau+yang+sudah+tuntas+ada+12+orang+atau+66%2C67%25+dayang+mendapat+nilai+di+bawah+65+ada+6+orang+atau+33%2C33%25.+Sedangkan+hasilpembelajaran+pada+siklus+2+setelah+menggunakan+metode+pembelajaran+inkuiri%2Crata-rata+nilai+siswa+mengalami+peningkatan.+Semua+siswa+sudah+memenuhi+KKM+yaitu+65%2C+dengan+rata-rata+nilai+75%2C56..++%0D%0AKata+kunci+%3A+inkuiri%2C+aktivitas%2C+dan+hasil+belajar+&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2013-02-04&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F491%2F1%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F491%2F2%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F491%2F3%2FHAL.%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F491%2F4%2FHAL.%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F491%2F5%2FPERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F491%2F6%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F491%2F7%2FDAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F491%2F8%2FDAFTAR%2520GAMBAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F491%2F9%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F491%2F10%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F491%2F11%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F491%2F12%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F491%2F13%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F491%2F14%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=archive&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F491%2F15%2FLAMPIRAN.zip&rft.identifier=++.%2C+Andayani+++(2013)++PENINGKATAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+IPA+MELALUI+METODE+INKUIRI+PADA+SISWA+KELAS+V+SDN+3+PAREREJO+KECAMATAN+GADINGREJO+KABUPATEN+PRINGSEWU.++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F491%2F