?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENINGKATAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+MATEMATIKA%0D%0AMELALUI+MODEL+COOPERATIVE+LEARNING+TIPE%0D%0ATHINK+PAIR+SHARE+(TPS)+SISWA+KELAS+VB%0D%0ASD+NEGERI+3+METRO+PUSAT%0D%0ATAHUN+PELAJARAN%0D%0A2012%2F2013&rft.creator=Warjo%2C+Ema+Nopitasari&rft.subject=LB1501+Primary+Education&rft.subject=QA+Mathematics&rft.description=Pembelajaran+matematika+di+kelas+VB+SD+Negeri+3+Metro+Pusat+belum%0D%0Aoptimal+menggunakan+model+pembelajaran+dengan+sistem+kerja+kelompok%2C+dan%0D%0Aaktivitas+siswa+selama+pembelajaran+masih+kurang.+Selain+itu+persentase%0D%0Aketuntasan+hasil+belajar+siswa+rendah+yaitu+40%2C90%25.+Penelitian+ini+bertujuan+untuk%0D%0Ameningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa+pada+pembelajaran+matematika%0D%0Amelalui+model+cooperative+learning+tipe+think+pair+share.%0D%0AMetode+penelitian+adalah+Penelitian+Tindakan+Kelas+(PTK)+yang%0D%0Adilaksanakan+secara+kolaboratif+partisipasif+antara+peneliti+dengan+guru%2C+dan%0D%0Adilakukan+dalam+3+siklus.+Setiap+siklus+terdiri+dari+perencanaan%2C+pelaksanaan%2C%0D%0Aobservasi%2C+dan+refleksi.+Pengumpulan+data+diperoleh+melalui+teknik+non+tes%0D%0Amenggunakan+lembar+observasi+dan+teknik+tes+dengan+menggunakan+lembar+soal%0D%0Ayang+dianalisis+menggunakan+teknik+analisis+kualitatif+dan+kuantitatif.%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+penggunaan+model+cooperative%0D%0Alearning+tipe+think+pair+share+dapat+meningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar%0D%0Asiswa.+Hal+ini+dapat+diketahui+dari+meningkatnya+nilai+aktivitas+siswa+setiap%0D%0Asiklusnya.+Pada+siklus+I+mencapai+46%2C44+dengan+kategori+cukup+aktif%2C+siklus+II%0D%0Amencapai+60%2C23+dengan+kategori+cukup+aktif%2C+dan+siklus+III+mencapai+76%2C14%0D%0Adengan+kategori+aktif.+Persentase+ketuntasan+hasil+belajar+siswa+pada+siklus+I%0D%0Amencapai+50%25%2C+siklus+II+mencapai+63%2C64%25%2C+dan+siklus+III+mencapai+81%2C82%25.%0D%0AKata+kunci%3A+aktivitas%2C+hasil+belajar+matematika%2C+model+cooperative+learning+tipe%0D%0Athink+pair+share&rft.publisher=FKIP&rft.date=2014-01-16&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F492%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F492%2F2%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F492%2F3%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F492%2F4%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F492%2F5%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F492%2F6%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F492%2F7%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=archive&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F492%2F8%2FLAMPIRAN.zip&rft.identifier=++Warjo%2C+Ema+Nopitasari++(2014)+PENINGKATAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+MATEMATIKA+MELALUI+MODEL+COOPERATIVE+LEARNING+TIPE+THINK+PAIR+SHARE+(TPS)+SISWA+KELAS+VB+SD+NEGERI+3+METRO+PUSAT+TAHUN+PELAJARAN+2012%2F2013.++FKIP%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F492%2F