creators_name: Warjo, Ema Nopitasari type: other datestamp: 2014-01-16 07:21:13 lastmod: 2014-01-16 07:21:14 metadata_visibility: show title: PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) SISWA KELAS VB SD NEGERI 3 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013 ispublished: pub subjects: LB1501 subjects: QA full_text_status: restricted abstract: Pembelajaran matematika di kelas VB SD Negeri 3 Metro Pusat belum optimal menggunakan model pembelajaran dengan sistem kerja kelompok, dan aktivitas siswa selama pembelajaran masih kurang. Selain itu persentase ketuntasan hasil belajar siswa rendah yaitu 40,90%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika melalui model cooperative learning tipe think pair share. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif partisipasif antara peneliti dengan guru, dan dilakukan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui teknik non tes menggunakan lembar observasi dan teknik tes dengan menggunakan lembar soal yang dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative learning tipe think pair share dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat diketahui dari meningkatnya nilai aktivitas siswa setiap siklusnya. Pada siklus I mencapai 46,44 dengan kategori cukup aktif, siklus II mencapai 60,23 dengan kategori cukup aktif, dan siklus III mencapai 76,14 dengan kategori aktif. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 50%, siklus II mencapai 63,64%, dan siklus III mencapai 81,82%. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar matematika, model cooperative learning tipe think pair share date: 2014-01-16 date_type: published publisher: FKIP place_of_pub: Universitas Lampung related_url_type: pub citation: Warjo, Ema Nopitasari (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) SISWA KELAS VB SD NEGERI 3 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013. FKIP, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/492/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/492/2/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/492/3/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/492/4/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/492/5/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/492/6/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/492/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/492/8/LAMPIRAN.zip