@misc{eprints493, month = {Maret}, title = {MENINGKATKAN AKTIVITAS HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPA SDN 1 PENIANGAN KEC. MARGA SEKAMPUNG }, author = {NINING SUGIARSIH Tasrip}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2013}, url = {http://digilib.unila.ac.id/493/}, abstract = {Penelitian ini berawal dari hasil IPA siswa yang masih sangat rendah, dengan rata-rata 70 masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang sebesar 75, dan kurang nya variasi dalam menggunakan beberapa model pembelajaran yang aktiv. Pada awal pembelajaran guru belum memunculkan masalah agar siswa berfikir tetapi langsung menerangkan materi pembelajaran dengan metode ceramah, dan mengandalkan dari satu sumber buku sebagai bahan ajar, yang mengakibatkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Peniangan pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model inkuiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) prosedur penelitian berbentuk siklus, setiap siklus terdiri dari 4 kegiatan pokok yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan non tes, alat pengumpulan data berupa lembar observasi dan instrument soal, analisis data dilakukan dengan kualitatif dan kuantitatif, subjek penelitian yang diamati adalah guru dan siswa yang berjumlah 13 orang sedangkan objek yang diamati adalah aktifitas dan hasil belajar serta kinerja guru dalam menerapkan model inkuiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model inkuiri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Presentasi rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 59,22\%, siklus II sebesar 73,23\% dan siklus III 86,91\%, rata-rata hasil belajar siklus I 72 \%, siklus II 76,76\% siklus III 82,15\% dengan peningkatan siklus I ke siklus II mencapai 4,70\% dan siklus II ke siklus III 5,39\%. Kata kunci = model inkuiri, aktivitas dan hasil belajar. } }