%0 Generic %9 Masters %A SUMARNI, 1223012031 %D 2014 %F eprints:4931 %T IMPLEMENTASI MANAJEMEN SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH METRO PUSAT %U http://digilib.unila.ac.id/4931/ %X Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis Implementasi Manajemen Sekolah Dasar Muhammadiyah Metro Pusat. Fokus penelitian ini adalah Manajemen Sekolah Dasar Muhammadiyah Metro Pusat dengan sub fokus: (1) Manajemen kurikulum dan pembelajaran. (2) Manajemen peserta didik; (3) Manajemen tenaga pendidik dan kependidikan; (4) Manajemen sarana dan prasarana; (5) Manajemen keuangan; (6) Partisipasi masyarakat. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang didasari teori fenomenologi. Informan berjumlah 11 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, studi dokumentasi dan observasi lapangan. Teknik analisis data menggunakan pola interaktif data Miles dan Hubberman yaitu proses analisis data, reduksi data, penyajian data, verivikasi, dan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu: 1) Manajemen kurikulum di SD Muhammadiyah dilaksanakan menggunakan fungsi manajemen POAC. 2) Manajemen peserta didik sudah berjalan baik. 3) Manajemen tenaga pendidik dan kependidikan sudah dilaksanakan baik berdasarkan fungsi manajemen POAC meskipun terdapat kendala. 4) Manajemen sarana prasarana masih belum sesuai pengelolaannya. implementasi manajemen sarana prasarana dimulai dari Planning Perencanaan sarana dan prasarana pembelajaran di SD Muhammadiyah Metro disesuaikan dengan kebutuhan, Organizing berupa pendistribusian dan kesesuaian sarana prasasrana pembelajaran di SD Muhammadiyah ada yang belum memenuhi standar. Actuating berupa Penggunaan disesuaikan dengan kebutuhan dan pemeliharaan dilakukan dengan cara mengecek alat dan perlengkapan, controlling berupa pengawasan terhadap sarana prasarana yang rusak ditemukan kerusakan berat dan memerlukan biaya yang banyak untuk perbaikan maka dilakukan penghapusan sarana prasarana berdasarkan persyaratan penghapusan. 5) Manajemen keuangan di SD Muhammadiyah Metro pusat dikelola secara akuntabilitas dan transparansi. 6) Partisipasi masyarakat yang diwadahi dalam peran komite sudah berjalan dalam mendukung peningkatan mutu sekolah sebagai pemberi pertimbangan, peran sebagai pendukung, pengontrol, dan mediator. Kata kunci : manajemen, sekolah unggul, Sekolah Dasar.