@misc{eprints4941, month = {Agustus}, title = {JUDUL INDONESIA: Pengaruh Belajar Perorangan dan Kelompok Terhadap Peningkatan Keterampilan Stut Cabang Olahraga Senam pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Padang Cermin Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran Tahun Ajaran 2013/2014}, author = {0813051052 ADITYA WARMAN}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KIP}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/4941/}, abstract = {ASBTRAK INDONESIA: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode pembelajaran perorangan dan kelompok terhadap keterampilan stut pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Padang Cermin Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Padang Cermin Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran yang berjumlah 60 siswa, yang terdiri dari 2 kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan penilaian kualitas gerakan. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan: bahwa adanya pengaruh Belajar Perorangan Terhadap Peningkatan Keterampilan Stut Pada Cabang Olahraga Senam pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Padang Cermin. (1) Hasil analisis belajar perorangan diperoleh nilai thitung = 86,461 dengan nilai ttabel (uji 2 pihak, n=19)= 2,093. Karena thitung {\ensuremath{>}} ttabel, maka H0 ditolak, artinya ada pengaruh. (2) Hasil analisis belajar kelompok diperoleh nilai thitung = 52,228 dengan nilai ttabel (uji 2 pihak, n=19)= 2,093. Karena thitung {\ensuremath{>}} ttabel, maka H0 ditolak, artinya ada pengaruh. (3) Hasil analisis kelompok control Hasil analisis diperoleh nilai thitung = 1,118 dengan nilai ttabel (uji 2 pihak, n=19)= 2,093.Karena thitung {\ensuremath{<}} ttabel, maka H0 diterima, artinya tidak ada peningkatan (4)Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang lebih baik pada belajar perorangan dari pada kelompok terhadap peningkatan keterampilan stut.} }