@misc{eprints4961, month = {Agustus}, title = {PENGARUH PENGUNAAN METODE DISKUSI DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI POKOK PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA MAKHLUK HIDUP (Studi Eksperimen Siswa Kelas VIII SMP N 2 Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2013/2014)}, author = {0853024049 SRI RAHAYU WULANDARI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KIP}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/4961/}, abstract = {Aktivitas belajar merupakan kunci utama untuk mencapai tujuan pembelajaran. Namun hasil observasi di kelas VIII SMP N 2 Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan, diketahui bahwa aktivitas belajar siswa belum dikembangkan secara secara optimal. Hal ini dikarenakan selama ini guru menggunakan metode yang kurang tepat untuk mengembangkan aktivitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengunaan metode diskusi dengan media gambar terhadap aktivitas belajar dan penguasaan materi pokok pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup. Desain penelitian ini adalah pretes postes non-equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIB dan VIIIE yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-Gain, yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t melalui program SPSS 17. Data kualitatif diperoleh dari lembar obsevasi aktivitas belajar siswa. Sri Rahayu Wulandari Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 8,76\%. Penguasaan materi mengalami penurunan dengan menggunakan uji-t yaitu Lhit (0,117){\ensuremath{<}} Ltab (0,157), berarti diperoleh data tidak berdistribusi normal. Hal ini berarti, bahwa penggunaan metode diskusi melalui media gambar berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas belajar, namun tidak berpengaruh terhadap penguasaan materi pokok pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup di SMP N 2 Jati Agung. Kata kunci: aktivitas belajar, metode diskusi, media gambar, penguasaan materi, pertumbuhan dan perkembangan} }