%A HJ. SRI AMNAH Rostam Pesawik %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION PADA SISWA KELAS IV SDN 2 GULAK GALIK TELUK BETUNG UTARA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 %X Permasalahan penelitian diawali dari rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 2 Gulak Galik Bandar Lampung. Siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) hanya 16 siswa (47%) dari jumlah keseluruhan 34 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika siswa kelas IV tahun pelajaran 2013/2014 melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Objek penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 34 siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan aktivitas guru. Pengumpulan data hasil belajar siswa diperoleh melalui soal pre tes dan post tes (evaluasi). Data dianalisis menggunakan teknik presentase dengan membandingkan standar ketuntasan belajar minimal yang ditetapkan yaitu Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas siswa siklus I adalah 34,33% dan pada siklus II 85,83%. Hasil belajar siswa siklus I diperoleh nilai rata-rata 68 dan pada siklus II meningkat menjadi 85. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I belum tercapai yaitu 47% dan pada siklus II sudah tercapai dan meningkat menjadi 88%. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 2 Gulak Galik Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014. Kata Kunci : Pembelajaran kooperatif tipe STAD, aktivitas dan hasil. %C Universitas Lampung %D 2013 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints497