TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints4972 UR - http://digilib.unila.ac.id/4972/ A1 - EKA FIRAYOGI, 1013079193 Y1 - 2014/06/09/ N2 - Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri 3 Jatibaru Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan. Tujuan penelitian untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri 3 Jatibaru Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahapan-tahapan yang terdiri atas 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi dan 4) refleksi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi aktivitas siswa dan guru dalam proses belajar mengajar dan untuk data kuantitatif melalui hasil tes formatif. Observasi aktivitas belajar siswa siklus I dengan nilai 57,13% kategori cukup, pada siklus II 76,78% dengan kategori baik, meningkat sebesar 19,65%. Hasil belajar siswa siklus I dengan nilai rata-rata 66,87, siklus II menjadi 79,72 dengan peningkatan 12,85. Hasil kerja kelompok pada siklus I dengan nilai tertinggi 85, siklus II menjadi 95, dengan peningkatan 10 serta pencapaian KKM yang semula siklus I hanya 68,95%, dan silkus II menjadi 95,83%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PKN dengan menggunakan metode diskusi kelompok sangat efektif meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Aktivitas dan Hasil belajar, metode diskusi kelompok PB - FAKULTAS KIP TI - MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 JATIBARU KECAMATAN TANJUNG BINTANG LAMPUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2013/2014 AV - restricted ER -