?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=JUDUL+INDONESIA%3A%0D%0APENINGKATAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+IPA+DENGAN+PENERAPAN+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF%0D%0ASTUDENT+TEAMS+ACHIVEMENT+DIVISIONS+(STAD)%0D%0AKELAS+IV+SDN+4+GUNUNGSARI+KEDONDONG%0D%0AKABUPATEN+PESAWARAN%0D%0ATAHUN+2013%2F2014&rft.creator=RUSDANIA%2C+1013109140&rft.subject=+&rft.description=ABSTRAK+INDONESIA%3A%0D%0APenelitian+ini+bertujuan+untuk+meningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa+pada+mata+pelajaran+IPA+melalui+model+pembelajaran+kooperatif+STAD+di+SD+Negeri+4+Gunungsari+Kecamatan+Kedondong+Kabupaten+Pesawaran.%0D%0APenelitian+ini+adalah+Penelitian+Tindakan+Kelas+(PTK)+yang+terdiri+dari+dua+siklus.+Setiap+siklus+terdiri+dari+tahapan+perencanaan%2C+pelaksanaan%2C+observasi%2C+dan+refleksi.+Teknik+pengumpulan+data+aktivitas+belajar+dan+kinerja+guru+menggunakan+lembar+observasi+yang+diamati+oleh+observer.+Sedangkan+hasil+belajar+digunakan+tes+evaluasi+pada+setiap+siklusnya.+Selanjutnya+data+dianalisis+dengan+cara+kualitatif+dan+kuantitatif.%0D%0AHasil+penelitian+menunjukan+bahwa+model+pembelajaran+kooperatif+STAD+dapat+meningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar+IPA.+Hal+ini+ditunjukan+data+dimana+pada+siklus+I+pertemuan+ke-1+rata-rata+aktivitas+belajar+siswa+59+dan+pada+pertemuan+ke-2+meningkat+menjadi+78.+Sedangkan+pada+siklus+II+pertemuan+ke-1+mendapat+nilai+82+dan+pertemuan+ke-2+mendapat+nilai+85.+Rata-rata+hasil+belajar+siswa+pada+siklus+I+67%2C33+sedangkan+pada+siklus+II+rata-rata+hasil+belajar+siswa+81%2C33.+Hasil+belajar+yang+diperoleh+pada+siklus+II+ini+sudah+memenuhi+indikator+keberhasilan+yang+diharapkan.+Dengan+demikian+dapat+disimpulkan+bahwa%2C+dengan+penerapan+model+pembelajaran+kooperatif+STAD%2C+meningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa+pada+setiap+siklusnya.%0D%0AKata+Kunci%3A+Kooperatif+STAD%2C+Aktivitas%2C+Hasil+Belajar&rft.publisher=FAKULTAS+KIP&rft.date=2014-07-19&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4982%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4982%2F2%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4982%2F3%2FLEMBAR%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4982%2F4%2FLEMBAR%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4982%2F5%2FLEMBAR%2520PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4982%2F6%2FRIWAYAT%2520HIDUP.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4982%2F7%2FMOTO.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4982%2F8%2FPERSEMBAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4982%2F9%2FSANWACANA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4982%2F10%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4982%2F11%2FDAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4982%2F12%2FDAFTAR%2520GAMBAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4982%2F13%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4982%2F14%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4982%2F15%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4982%2F16%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4982%2F17%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4982%2F18%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++RUSDANIA%2C+1013109140++(2014)+JUDUL+INDONESIA%3A+PENINGKATAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+IPA+DENGAN+PENERAPAN+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF+STUDENT+TEAMS+ACHIVEMENT+DIVISIONS+(STAD)+KELAS+IV+SDN+4+GUNUNGSARI+KEDONDONG+KABUPATEN+PESAWARAN+TAHUN+2013%2F2014.++FAKULTAS+KIP%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4982%2F