%0 Generic %9 Other %A susilawati, 1013109161 %C Universitas Lampung %D 2014 %F eprints:5015 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PPKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 3 NEGERI SAKTI KECAMATAN GEDONGTATAAN KABUPATEN PESAWARAN TP 2013/2014 %U http://digilib.unila.ac.id/5015/ %X ABSTRAK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PPKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 3 NEGERI SAKTI KECAMATAN GEDONGTATAAN KABUPATEN PESAWARAN TP 2013/2014 Oleh SUSILAWATI Berdasarkan observasi awal di SDN 3 Negeri sakti dalam pembelajaran PPKn diketahui aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV masih rendah dan masih banyak yang di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PPKn dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan aktivitas siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD, kinerja guru pada proses pembelajaran, untuk mengetahui hasil belajar menggunakan tes dengan teknik data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PPKn. Hal ini ditunjukan data di mana pada siklus I aktivitas belajar siswa dengan nilai 52 kategori kurang aktif dan pada siklus II menjadi 83 kategori sangat aktif. Ketuntasan hasil belajar pada siklus I 45% mrningkat 45% menjadi 90% pada siklus II. Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, PPKn, STAD