%A 1313081004 SITI ALAUYAH %T PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PANTUN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR SISWA KELAS IV SDN 5 PRINGSEWU BARAT TAHUN PELAJARAN 2014/2015 %X ABSTRAK PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PANTUN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR SISWA KELAS IV SDN 5 PRINGSEWU BARAT TAHUN PELAJARAN 2014/2015 OLEH SITI ALAUYAH Penelitian ini membahas peningkatan kemampuan menulis pantun dengan mempergunakan media kartu bergambar. Tujuan penelitian ini meningkatkan proses dan hasil pembelajaran menulis pantun melalui penggunaan media kartu bergambar pada siswa kelas IV SDN 5 Pringsewu Barat tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 5 Pringsewu Barat Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 29 siswa. Data kemampuan menulis pantun siswa diambil melalui tes tertulis setelah pembelajaran dengan menggunakan media kartu bergambar dan kegiatan observasi siswa. Penelitian tindakan dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian kemampuan menulis pantun sebagai berikut. Rata-rata keseluruhan hasil tes menulis pantun berdasarkan media kartu bergambar siswa kelas IV data siklus 1 sebesar 57,24, dan siklus 2 sebesar 81,37. Berdasarkan hasil penelitian terjadi peningkatan kemampuan siswa yang signifikan (berarti) dalam menulis pantun. Disimpulkan bahwa media kartu bergambar dapat dijadikan sebagai media pembelajaran menulis pantun dalam pelajaran bahasa Indonesia, serta menjadikan media kartu bergambar yang sudah dikenal siswa sebagai media pembelajaran yang tepat. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints5069