%0 Generic %A ALI RIFA’I, 1013023066 %C Universitas Lampung %D 2014 %F eprints:5071 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR ORISINIL PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT-NONELEKTROLIT MENGGUNAKAN INKUIRI TERBIMBING %U http://digilib.unila.ac.id/5071/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir orisinil pada materi larutan elektrolit-nonelektrolit menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk siswa kelompok tinggi, sedang dan rendah. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X1 SMA Negeri 2 Metro. Penelitian ini menggunakan me-tode pre-eksperimen, desain one shot case study, dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir orisinil pada kelom-pok tinggi 71,43% berkriteria sangat baik, 14,29% berkriteria baik, dan 14,29% lainnya berkriteria cukup. Pada kelompok sedang, 29,41% berkriteria sangat baik, 58,82% berkriteria baik dan 11,76% lainnya berkriteria cukup. Pada kelompok rendah, 14,29% berkriteria sangat baik, 28,57% berkriteria baik, dan 57,14% lainnya berkriteria cukup. Kata kunci : inkuiri terbimbing, keterampilan berpikir orisinil, larutan elektrolit-nonelektrolit.