TY - THES ID - eprints5074 UR - http://digilib.unila.ac.id/5074/ A1 - Reni Marlina, 1223011033 Y1 - 2014/07/14/ N2 - ABSTRAK INDONESIA Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendiskripsikan potensi dan kondisi pemanfaatan model pembelajaran pendidikan jasmani sebelum melakukan pengembangan, (2) mengembangkan model pembelajaran pendidikan jasmani yang sudah ada, (3) menganalisis efektifitas pembelajaran kebugaran jasmani setelah menggunakan model pembelajaran kebugaran jasmani, (4) menganalisis efisiensi pembelajaran kebugaran jasmani setelah menggunakan model pembelajaran kebugaran jasmani, dan (5) menganalisis kemenarikan model pembelajaran kebugaran jasmani dalam pembelajaran kebugaran jasmani. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 4 Gedongtataan, SMPN 3 Negerikaton dan SMPN Satap Satu Way Lima. Pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan nilai gain. Kesimpulan penelitian adalah: (1). model pembelajaran kebugaran jasmani efektif digunakan untuk pembelajaran kebugaran jasmani, karena nilai gain untuk hasil belajar adalah 0,60, (2) menghasilkan model pembelajaran kebugaran jasmani yang terdiri dari (a) langkah ? langkah pembelajaran/ sintaks, (b) silabus, (c) rencana pelaksanaan pembelajaran, (d) bahan ajar, dan (e) permainan ? permainan kebugaran jasmani, (3). model pembelajaran kebugaran jasmani efisien digunakan dalam materi kebugaran jasmani dengan rasio efisiensi pembelajaran sebesar 1,4 menunjukkan lebih besar dari 1, dan (4) model pembelajaran kebugaran jasmani menarik untuk digunakan dalam materi kebugaran jasmani dengan rata ? rata skor 3,59 (sangat menarik) . Kata kunci: model pembelajaran, kebugaran jasmani, bermain. ABSTRAK INGGRIS Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendiskripsikan potensi dan kondisi pemanfaatan model pembelajaran pendidikan jasmani sebelum melakukan pengembangan, (2) mengembangkan model pembelajaran pendidikan jasmani yang sudah ada, (3) menganalisis efektifitas pembelajaran kebugaran jasmani setelah menggunakan model pembelajaran kebugaran jasmani, (4) menganalisis efisiensi pembelajaran kebugaran jasmani setelah menggunakan model pembelajaran kebugaran jasmani, dan (5) menganalisis kemenarikan model pembelajaran kebugaran jasmani dalam pembelajaran kebugaran jasmani. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 4 Gedongtataan, SMPN 3 Negerikaton dan SMPN Satap Satu Way Lima. Pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan nilai gain. Kesimpulan penelitian adalah: (1). model pembelajaran kebugaran jasmani efektif digunakan untuk pembelajaran kebugaran jasmani, karena nilai gain untuk hasil belajar adalah 0,60, (2) menghasilkan model pembelajaran kebugaran jasmani yang terdiri dari (a) langkah ? langkah pembelajaran/ sintaks, (b) silabus, (c) rencana pelaksanaan pembelajaran, (d) bahan ajar, dan (e) permainan ? permainan kebugaran jasmani, (3). model pembelajaran kebugaran jasmani efisien digunakan dalam materi kebugaran jasmani dengan rasio efisiensi pembelajaran sebesar 1,4 menunjukkan lebih besar dari 1, dan (4) model pembelajaran kebugaran jasmani menarik untuk digunakan dalam materi kebugaran jasmani dengan rata ? rata skor 3,59 (sangat menarik) . Kata kunci: model pembelajaran, kebugaran jasmani, bermain. PB - Universitas Lampung M1 - masters TI - JUDUL INDONESIA : PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KEBUGARAN JASMANI DENGAN PENDEKATAN BERMAIN SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI PESAWARAN JUDUL INGGRIS : DEVELOPMENT OF PHYSICAL HEALTHY TEACHING MODEL THROUGH GAME APPROACH AT STUDENT OF SEVENTH GRADE OF JUNIOR HIGH SCHOOL AT PESAWARAN AV - restricted ER -