%0 Generic %A febriyanti, 1013079205 %C Universitas Lampung %D 2014 %F eprints:5089 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar dengan Metode Pembelajaran Picture and Picture di kelas IV SD Swasta Swadhipa Natar Lampung Selatan %U http://digilib.unila.ac.id/5089/ %X ABSTRAK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DENGAN METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DI KELAS IV SD SWASTA SWADHIPA NATAR LAMPUNG SELATAN Oleh Febriyanti Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SD Swasta Swadhipa Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan, diketahui bahwa aktivitas belajar siswa kelas IV masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah dengan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dengan metode pembelajaran Picture and Picture. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dikenal dengan Classroom Action Research. Prosedur penelitian yang dilakukan terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data yang diambil meliputi data kuantitatif berupa data observasi terhadap aktivitas siswa dan kinerja guru dalam menggunakan media gambar dan data kuantitatif berupa data hasil tes formatif siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari (1) peningkatan rata-rata aktivitas dalam kegiatan pembelajaran yaitu dari siklus I pertemuan 1 sebesar 50% pertemuan 2 sebesar 57% meningkat sebesar 7%. Pada siklus II pertemuan 1 sebesar 71% menjadi 75% meningkat 4%. (2) Peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa yaitu sebesar 71% pada siklus I sebesar 89% pada siklus II meningkat 18%, sedangkan kinerja guru pada siklus I rata-rata sebesar 43% dan siklus II sebesar 72% meningkat menjadi 29%. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, metode Pembelajaran Picture and Picture.