TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints509 UR - http://digilib.unila.ac.id/509/ A1 - Sastrowiyono, JUWARTI Y1 - 2014/01/16/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Sedangkan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Marga Dadi dapat ditingkatkan menggunakan metode inquiry. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA menggunakan metode inquiry pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Marga Dadi Jati Agung Lampung Selatan tahun 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), dalam bentuk siklus yang masing-masing siklus terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Sedangkan subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Marga Dadi yang berjumlah 23 orang siswa terdiri dari 13 orang putra dan 10 orang putri. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes tertulis bentuk objektif. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan persentase . Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Marga Dadi Lampung Selatan tahun 2013. Hal tersebut dibuktikan dari hasil pengolahan data penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus III. Data hasil belajar pada siklus I sebanyak 11 orang (47,80%), siklus II sebanyak 15 orang (65,20%), dan siklus III sebanyak 21 orang (91,30%) siswa tuntas. Kesimpulan penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar IPA kelas IV SD Negeri 3 Marga Dadi dengan menggunakan metode Inquiry. Saran dari hasil penelitian ini adalah kepada guru yang melakukan penelitian dalam mata pelajaran IPA kelas IV hendaknya menggunakan metode inquiry agar dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: metode inquiry, hasil belajar IPA PB - FKIP TI - PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE INQUIRY PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 3 MARGADADI TAHUN 2012/2013 AV - restricted ER -