title: STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCAFFOLDING DAN TEAMS GAMES TURNAMENT ( TGT ) DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN ADVERSITAS TERHADAP SISWA KELAS XI MAN 2 METRO TAHUN PELAJARAN 2013-2014 creator: Marisa Rahma Silvia , 1013031045 subject: description: abstrak indonesia Penelitian ini mengkaji tentang Studi perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Scaffolding dan Teams Games Turnament (TGT) pada mata pelajaran ekonomi dengan memperhatikan kecerdasan adversitas kelas XI IPS semester genap di MAN 2 Metro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi penelitian berjumlah 145 siswa dengan jumlah sampel yaitu sebanyak 72 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Teknik pengambilan data yaitu dengan observasi, dokumentasi, tes, dan kuesioner/angket. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan t-test dua sampel independen. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh sebagai berikut (1) ada perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang pembelaarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Scaffolding dibanding TGT, (2) ada interaksi antara model pembelajaran dengan kecerdasan adversitas terhadap hasil belajar ekonomi siswa, (3) hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Scaffolding lebih tinggi dibandingkan model TGT pada siswa yang memiliki kecerdasan adversitas tinggi, (4) hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Scaffolding lebih tinggi dibandingkan model TGT pada siswa yang memiliki kecerdasan adversitas sedang, (5) hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Scaffolding lebih rendah dibandingkan model TGT pada siswa yang memiliki kecerdasan adversitas rendah. Kata kunci: Ekonomi, Hasil belajar, Kecerdasan adversitas, Model Scaffolding, Model TGT publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2014-07-14 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5091/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5091/2/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5091/3/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5091/4/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5091/5/PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5091/6/RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5091/7/MOTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5091/8/PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5091/9/SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5091/10/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5091/11/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5091/12/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5091/13/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5091/14/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5091/15/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5091/16/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf identifier: Marisa Rahma Silvia , 1013031045 (2014) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCAFFOLDING DAN TEAMS GAMES TURNAMENT ( TGT ) DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN ADVERSITAS TERHADAP SISWA KELAS XI MAN 2 METRO TAHUN PELAJARAN 2013-2014. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/5091/