@misc{eprints5104, month = {Juni}, title = {JUDUL INDONESIA: UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA KELAS IV SDN 2 REJOSARI}, author = {1013079191 Dian Trisyanti}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KIP}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/5104/}, abstract = {ABSTRAK INDONESIA: Proses belajar mengajar di SD 2 Rejosari masih didominasi metode ceramah, akibatnya pembelajaran matematika menggunakan metode ceramah selalu didominasi oleh guru, siswa masih kurang diberikan waktu untuk aktif didalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini berdasarkan latar belakang masalah adalah untuk Mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa menggunakan metode pembelajaran pemberian tugas dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model STAD. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus dibagi menjadi 2 kali pertemuan. Tiap pertemuan pertama diberi materi menggunakan model pembelajaran STAD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Hal ini dapat dilihat rata-rata aktivitas siswa dari siklus I dan Siklus II yang mengalami peningkatan. Pada siklus I sebesar 53.33 dengan kategori ?kurang aktif?. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 62.44 dengan kategori ?cukup aktif?. Berdasarkan data tersebut aktivitas pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran STAD mengalami peningkatan yang berarti. Begitupun dengan rata-rata hasil belajar siswa terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 47.66 dengan kategori ?kurang baik ?. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 62.66 dengan kategori ?cukup baik ?. Berdasarkan data tersebut aktivitas pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran STAD mengalami peningkatan. Kata kunci : Model pembelajaran STAD, hasil belajar, aktivitas belajar} }