%A 1013053001 Ai Dasima %T MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA CITA-CITAKU DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS IVA SD NEGERI 4 NATAR %X Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dan kinerja guru. Rendahnya persentase ketercapaian KKM pada pembelajaran, terlihat dari ulangan tengah semester ganjil siswa kelas IVA SD Negeri 4 Natar, diantaranya terdapat 34,6% siswa belum tuntas dalam hasil belajar kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIA SD Negeri 4 Natar dan sekaligus meningkatkan kinerja guru menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing pada tema cita-citaku. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penilaian tindakan kelas. Instrumen penelitian berupa lembar pengamatan untuk mengetahui kinerja guru, hasil belajar afektif dan psikomotor siswa serta soal tes untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar dan kinerja guru tema cita-citaku dapat ditingkatkan dengan menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata nilai hasil belajar kognitif siswa pada siklus I (73,08%), siklus II (84,62%) dan siklus III (88,46%). Persentase rata-rata nilai hasil belajar afektif siswa pada siklus I (46,15%), siklus II (69,23%) dan siklus III (80,77%). Persentase rata-rata nilai hasil belajar psikomotor siswa pada siklus I (76,92%), siklus II (80,77%) dan siklus III (88,46%). Sementara nilai kinerja guru pada siklus I (75), siklus II (81,25) dan siklus III (81,25). Kata kunci: hasil belajar, pendekatan inkuiri terbimbing, tema cita-citaku. %C Universitas Lampung %D 2014 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints5107