@misc{eprints5112, month = {Juli}, title = {PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGANPENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNINGPADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 DADAPAN KECAMATAN SUMBEREJO KABUPATEN TANGGAMUS TAHUN PELAJARAN 2013/2014}, author = {1013127044 SUPARTINI}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/5112/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi efektivitas model pembelajaran dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Dadapan Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus. Metode penelitian ini menggunakan dua siklus. Tiap-tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelakasanaan, pengamatan atau observasi dan refleksi.Subyek yang di amati adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 2 Dadapan, waktunya semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Pengumpulan data dengan lembar observasi untuk data aktivitas belajar siswa, pengambilan data hasil belajar dengan lembar tes. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukan bahwa dengan model berbasis kontekstual aktivitas siswa mengalami peningkatan yaitu pada pra sisklus siswa yang aktif 3 siswa atau15\%dan siklus 1siswa yang aktif berjumlah 5 siswa atau 15\% sedangkan dalam siklus 2 siswa yang aktif berjumlah 16 siswa atau 70\%. Sedangkan untuk hasil belajar yang mencapai KKM pada siklus 1 berjumlah 8 siswa (40\%) dan 15 siswa yang belum mencapai KKM atau (60\%), sedangkan pada siklus 2 siswa yang mencapai KKM 15 (75,00\%) dan siswa yang tidak mencai KKM 5 (25,00\%) Penelitian ini menunjukan bahwa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan metode CTL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Berdasarkan hal tersebut peneliti menyimpulkan penggunaan metode CTL dapat digunakan dalam proses pembelajaran IPA sehingga meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Kata Kunci : Aktivitas, hasil belajarIPA, Pendekatan CTL} }