?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENINGKATKAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+IPA+DENGANPENDEKATAN+CONTEXTUAL+TEACHING+AND+LEARNINGPADA%0D%0ASISWA+KELAS+V+SD+NEGERI+2+DADAPAN+KECAMATAN+SUMBEREJO+KABUPATEN+TANGGAMUS+TAHUN+PELAJARAN%0D%0A2013%2F2014&rft.creator=SUPARTINI%2C+1013127044&rft.subject=+&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+memperoleh+informasi+efektivitas+model+pembelajaran+dalam+upaya+meningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa+kelas+V+SD+Negeri+2+Dadapan+Kecamatan+Sumberejo+Kabupaten+Tanggamus.%0D%0AMetode+penelitian+ini+menggunakan+dua+siklus.+Tiap-tiap+siklus+terdiri+dari+empat+tahapan+yaitu%3A+perencanaan%2C+pelakasanaan%2C+pengamatan+atau+observasi+dan+refleksi.Subyek+yang+di+amati+adalah+guru+dan+siswa+kelas+V+SD+Negeri+2+Dadapan%2C+waktunya+semester+genap+tahun+pelajaran+2013%2F2014.+Pengumpulan+data+dengan+lembar+observasi+untuk+data+aktivitas+belajar+siswa%2C+pengambilan+data+hasil+belajar+dengan+lembar+tes.+Hasil+penelitian+tindakan+kelas+menunjukan+bahwa+dengan+model+berbasis+kontekstual+aktivitas+siswa+mengalami+peningkatan+yaitu+pada+pra+sisklus+siswa+yang+aktif+3+siswa+atau15%25dan+siklus+1siswa+yang+aktif+berjumlah+5+siswa+atau+15%25+sedangkan+dalam+siklus+2+siswa+yang+aktif+berjumlah+16+siswa+atau+70%25.+Sedangkan+untuk+hasil+belajar+yang+mencapai+KKM+pada+siklus+1+berjumlah+8+siswa+(40%25)+dan+15+siswa+yang+belum+mencapai+KKM+atau+(60%25)%2C+sedangkan+pada+siklus+2+siswa+yang+mencapai+KKM+15+(75%2C00%25)+dan+siswa+yang+tidak+mencai+KKM+5+(25%2C00%25)%0D%0APenelitian+ini+menunjukan+bahwa+pada+pembelajaran+IPA+dengan+menggunakan+metode+CTL+dapat+meningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar.+Berdasarkan+hal+tersebut+peneliti+menyimpulkan+penggunaan+metode+CTL+dapat+digunakan+dalam+proses+pembelajaran+IPA+sehingga+meningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa%0D%0AKata+Kunci+%3A+Aktivitas%2C+hasil+belajarIPA%2C+Pendekatan+CTL&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2014-07-19&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5112%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5112%2F2%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5112%2F3%2FHALAMAN%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5112%2F4%2FHALAMAN%2520PENEGSAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5112%2F5%2FPERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5112%2F6%2FRIWAYAT%2520HIDUP.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5112%2F7%2FMOTO.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5112%2F8%2FPERSEMBAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5112%2F9%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5112%2F10%2FDAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5112%2F11%2FDAFTAR%2520GAMBAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5112%2F12%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5112%2F13%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5112%2F14%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5112%2F15%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5112%2F16%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5112%2F17%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++SUPARTINI%2C+1013127044++(2014)+PENINGKATKAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+IPA+DENGANPENDEKATAN+CONTEXTUAL+TEACHING+AND+LEARNINGPADA+SISWA+KELAS+V+SD+NEGERI+2+DADAPAN+KECAMATAN+SUMBEREJO+KABUPATEN+TANGGAMUS+TAHUN+PELAJARAN+2013%2F2014.++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5112%2F