TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints5116 UR - http://digilib.unila.ac.id/5116/ A1 - SINTA MUTIARA, 1013023058 Y1 - 2014/07/21/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan pendekatan ilmiah dalam meningkatkan keterampilan fleksibilitas pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest-Posttest) Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Bandarlampung semester ganjil pada Tahun Pelajaran 2013-2014. Pengambilan sampel ini dilakukan dengan purposive sampling dan diperoleh kelas X2 dan X3 sebagai sampel penelitian. Efektivitas pendekatan ilmiah ditunjukkan berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-Gain keterampilan fleksibilitas untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing sebesar 0,39 dan 0,63. Berdasarkan pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan ilmiah pada pembelajaran materi larutan elektrolit dan nonelektrolit efektif dalam meningkatkan keterampilan fleksibilitas. Kata kunci : fleksibilitas, larutan elektrolit dan nonelektrolit, pendekatan ilmiah PB - Fakultas Mipa TI - PENDEKATAN ILMIAH PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN FLEKSIBILITAS AV - restricted ER -