TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints5123 UR - http://digilib.unila.ac.id/5123/ A1 - YULIATI, 1013079320 Y1 - 2014/07/06/ N2 - ABSTRAK INDONESIA: Pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 1 Margodadi belum berjalan dengan maksimal. Berdasarkan hasil observasi awal diperoleh aktivitas siswa pasif dan ketuntasan hasil belajar siswa masih rendah yaitu 31%. Tujuan peneliti adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA melalui Penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe NHT. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bersifat reflektif dan kolaboratif. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dengan lembar observasi untuk aktivitas belajar siswa dan tes untuk hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan Model Pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan aktivitas belajar siswa, pada siklus I mencapai 65,4% berkategori cukup aktif dan pada siklus II meningkat menjadi 73,1% berkategori aktif. Ketuntasan hasil belajar pada siklus I mencapai 57,7%, dengan rata-rata nilai adalah 64 berkategori cukup, meningkat menjadi 80,8% pada akhir siklus II dengan rata-rata nilai adalah 73 berkategori baik. Kata kunci : Model Pembelajaran kooperatif tipe NHT, aktivitas, hasil belajar PB - FAKULTAS KIP TI - JUDUL INDONESIA: PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)SISWA KELAS IV SDN 1 MARGODADI TAHUN PELAJARAN 2013/2014 AV - restricted ER -