@misc{eprints5126, month = {Juli}, title = {JUDUL INDONESIA: PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMATIK DENGAN TEMA CITA-CITAKU MELALUI METODE DISCOVERY PADA SISWA KELAS IV SDN 5 KARANG ANYAR KECAMATAN JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN}, author = {1013053091 SRI MULYANI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KIP}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/5126/}, abstract = {ABSTRAK INDONESIA: Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik pada tema cita-citaku kelas IVA SDN 5 Karang Anyar Kecamatan Jati Agung Lampung Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tematik dengan tema cita-citaku melalui metode discovery . Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Data yang peroleh melalui lembar observasi dan instrument tes pada setiap siklus. Berdasarkan hasil analisis data bahwa penggunaan metode discovery dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari presentase rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I (50\%) dan siklus II (81,25\%) dengan peningkatan dari siklus I ke siklus II (31,25\%). Hasil belajar siswa siklus I terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebanyak 2 orang siswa (8,33\%) dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebanyak 10 orang siswa(41,67\%). Sedangkan untuk nilai rata-rata kelas pada data awal sebesar 61,73 , dan meningkat sebesar 3,42 menjadi 66,15 di siklus dan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 9,75 menjadi 75,9. Kata kunci: Aktivitas, Hasil Belajar dan Metode Discovery} }