creators_name: FAHMI TAMIMI, 1013053109 type: other datestamp: 2014-11-03 04:14:23 lastmod: 2014-11-03 04:14:23 metadata_visibility: show title: JUDUL INDONESIA: PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SULAIMAN SD MUHAMMADIYAH METRO PUSAT TAHUN AJARAN 2013/2014 ispublished: pub subjects: General subjects: KU full_text_status: restricted abstract: ABSTRAK INDONESIA: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya sikap percaya diri dan keterampilan berfikir kritis siswa kelas IV Sulaiman SD Muhammadiyah Metro Pusat pada pembelajaran tematik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap percaya diri dan keterampilan berfikir kritis siswa kelas IV Sulaiman SD Muhammadiyah Metro Pusat pada pembelajaran tematik melalui penggunaan model problem based learning (PBL). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Prosedur penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari;(1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), (4) refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan tes tertulis. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model problem based learning (PBL) pada pembelajaran tematik di kelas IV Sulaiman SD Muhammadiyah Metro Pusat dapat meningkatkan sikap percaya diri dan keterampilan berfikir kritis siswa. Persentase sikap percaya diri siswa secara klasikal pada siklus I yaitu (52,85%) dan pada siklus II (75,02%), terjadi peningkatan sikap percaya diri siswa secara klasikal dari siklus I ke siklus II sebesar (22,86%). Sementara itu persentase nilai keterampilan berfikir kritis siswa secara klasikal pada siklus I yaitu (60%) dan pada siklus II (80%), terjadi peningkatan nilai keterampilan berfikir kritis siswa secara klasikal dari siklus I ke siklus II sebesar (20%). Kata kunci: sikap percaya diri, keterampilan berfikir kritis, model problem based learning (PBL). date: 2014-07-14 date_type: published publisher: FAKULTAS KIP place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: FAHMI TAMIMI, 1013053109 (2014) JUDUL INDONESIA: PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SULAIMAN SD MUHAMMADIYAH METRO PUSAT TAHUN AJARAN 2013/2014. FAKULTAS KIP, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/5127/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5127/2/COVER%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5127/3/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5127/4/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5127/5/PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5127/6/RIWAYAT%20HIDUP.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5127/7/MOTO.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5127/8/PERSEMBAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5127/9/SANWACANA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5127/10/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5127/11/DAFTAR%20TABEL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5127/12/DAFTAR%20GAMBAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5127/13/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5127/14/BAB%20II%20.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5127/15/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5127/16/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5127/17/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5127/18/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf