TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints513 UR - http://digilib.unila.ac.id/513/ A1 - Petrus Ngatimin, MargarethaWarsiya Y1 - 2014/01/17/ N2 - Penelitianinidilatarbelakangiolehmasalah (1) rendahnyaaktivitasbelajarsiswa, (2) rendahnyahasilbelajarsiswa.Olehkarenaitupenelitianinibertujuanuntuk : (1) meningkatkanaktivitasbelajarsiswamelaluipenggunaan media pembelajaran media realia , (2) meningkatkanhasilbelajarsiswamelaluipenggunaan media pembelajaran media realia. MetodepenelitianinimenggunakanPenelitianTindakanKelas yang dilakukandalam 4 langkahkegiatan yang meliputikegiatanperencanaan, melakukantindakan, observasi, danrefleksi.Instrumen yang digunakanadalahperangkattes, lembarobservasi, dancatatanlapangan yang digunakanuntukmengamatiaktivitassiswadankinerja guru. Berdasarkanhasilanalisisdaripenelitianinidiperoleh data bahwa: (1) terdapatpeningkatanaktivitassiswadilihatdarihasilperbandinganpengamatandarisiklus I dansiklus II, darihasilobservasiaktivitassiswapadasiklus I 67,14%dansiklusII82,62%terjadipeningkatanaktivitassebesar 15,48 % (2) kinerja guru dalampelaksanaanpembelajaranmatematikamelaluipenggunaan media pembelajaran media realiadapatberjalanbaik. Peningkatankinerja guru darisiklus I kesiklus II darihasilkinerja guru siklusI74,38 dansiklus II 81,46 terjadipeningkatan 7,08(3) hasilbelajarmatematikasiswasecaraklasikalmelaluipenggunaan media realiamenunjukanpeningkatan yang cukupberartidenganhasilbelajarsiklus I 78,41 dansiklus II 84.77terjadipeningkatanhasilbelajarsebesar 6,13Dengandemikianpembelajarandenganmenggunakan media realiadapatdijadikansalahsatu alternative dalampembelajaranuntukmeningkatanaktivitasdanhasilbelajar. Kata kunciAktivitas,hasilbelajar, media realia. PB - FKIP TI - PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN TEMA KELUARGA MELALUAI MEDIA REALIA SISWA KELAS IA SD XAVERIUS 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013 AV - restricted ER -