@misc{eprints5130, month = {Juli}, title = {JUDUL INDONESIA: PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMATIK MENGGUNAKAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION KELAS IV C SD NEGERI 8 METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2013/2014}, author = {1013053058 Hidayatullah}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KIP}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/5130/}, abstract = {ABSTRAK INDONESIA: Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV C SD Negeri 8 Metro Timur yang diketahui dari hasil observasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV C SD Negeri 1 Metro Timur pada mata pelajaran tematik menggunakan model explicit instruction. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Prosedur penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari: (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar siswa. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model explicit instruction pada pembelajaran tematik di kelas IV C SD Negeri 8 Metro Timur dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I 55,16\% (cukup aktif) dan pada siklus II 87,5\% (sangat aktif), terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa secara klasikal dari siklus I ke siklus II sebesar 33,34\%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 62,5\% (cukup) dan pada pada siklus II 95,83\% (sangat tinggi), terjadi peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal dari siklus I ke siklus II sebesar 33,33\%. Kata kunci: Model Explicit Instruction, Aktivitas, Hasil Belajar} }