TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints5140 UR - http://digilib.unila.ac.id/5140/ A1 - QORRI AYUNI, 1013021016 Y1 - 2014/07/24/ N2 - ABSTRAK INDONESIA : Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung tahun ajaran 2013-2014 sebanyak 247 siswa yang terdistribusi dalam enam kelas. Dengan teknik purposive sampling, terpilih kelas VIII D dan VIII E sebagai sampel. Berdasarkan pengujian hipotesis, diketahui bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari pembelajaran konvensional. Jadi, disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci: konvensional, pembelajaran berbasis masalah, pemecahan masalah matematis PB - FAKULTAS KIP TI - JUDUL INDONESIA : PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2013-2014) AV - restricted ER -