@misc{eprints5176, month = {Juli}, title = {UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN (PTK pada Kelas VII A SMP N 1 Waway Karya Lampung Timur Tahun Ajaran 2012/2013) }, author = {1013130007 Tukija}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/5176/}, abstract = {Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Tempat penelitian ini adalah kelas VII A SMP Negeri 1 Waway Karya semester genap tahun ajaran 2012/2013 pada materi organisasi kehidupan. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data ini diperoleh dari rata-rata nilai sebelum dan sesudah penelitian. Indikasi kebehasilannya adalah nilai rata- rata sesudah penelitian mengalami peningkatan atau hasil akhir dalam penelitian aktivitas siswa lebih dari 70\%, dan siwa yang tuntas belajar lebih dari 70\%. Penelitian ini meliputi 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data awal aktivitas siswa dan hasil belajar siswa adalah 35\% siswa aktif dan 61,88\% siswa tuntas belajar, setelah diadakan penelitian dengan model pembelajaran cooperativelearning tipe jigsaw hasil akhir pada siklus II aktivitas belajar siswa menjadi 75,26\%, sedangkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 70,78 dan siswa yang tuntas belajar 90,6\%. Penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw pada materi pokok organisasi kahidupan di simpulkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada siwa kelas VII A SMP Negeri 1 Waway Karya Lampung Timur. Kata kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, cooperative learning tipe jigsaw } }