TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints5176 UR - http://digilib.unila.ac.id/5176/ A1 - Tukija, 1013130007 Y1 - 2014/07/15/ N2 - Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Tempat penelitian ini adalah kelas VII A SMP Negeri 1 Waway Karya semester genap tahun ajaran 2012/2013 pada materi organisasi kehidupan. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data ini diperoleh dari rata-rata nilai sebelum dan sesudah penelitian. Indikasi kebehasilannya adalah nilai rata- rata sesudah penelitian mengalami peningkatan atau hasil akhir dalam penelitian aktivitas siswa lebih dari 70%, dan siwa yang tuntas belajar lebih dari 70%. Penelitian ini meliputi 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data awal aktivitas siswa dan hasil belajar siswa adalah 35% siswa aktif dan 61,88% siswa tuntas belajar, setelah diadakan penelitian dengan model pembelajaran cooperativelearning tipe jigsaw hasil akhir pada siklus II aktivitas belajar siswa menjadi 75,26%, sedangkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 70,78 dan siswa yang tuntas belajar 90,6%. Penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw pada materi pokok organisasi kahidupan di simpulkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada siwa kelas VII A SMP Negeri 1 Waway Karya Lampung Timur. Kata kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, cooperative learning tipe jigsaw PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN (PTK pada Kelas VII A SMP N 1 Waway Karya Lampung Timur Tahun Ajaran 2012/2013) AV - restricted ER -