creators_name: SUNTAN SATRIAREVA, 0912011255 type: other datestamp: 2014-11-07 06:35:39 lastmod: 2014-11-07 06:35:39 metadata_visibility: show title: KEKUATAN HUKUM PUTUSAN BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) TERHADAP SENGKETA KONSUMEN IKLAN OTOMOTIF YANG MENYESATKAN (Studi Kasus Putusan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen No. 099/Pts.A/BPSK-DKI/II/2012) ispublished: pub subjects: General full_text_status: public abstract: abstrak Sengketa antara Ludmilla Arif sebagai konsumen melawan PT Nissan Motor Indonesia (PT NMI) bermula pada saat Ludmilla menemukan fakta bahwa bahan bakar mobil Nissan miliknya tidak seirit dengan klaim brosur iklan Nissan March yang di keluarkan oleh PT NMI. Ludmilla yang merasa dirugikan dengan iklan tersebut kemudian mengajukan gugatan kepada Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK). Sebagai lembaga yang berwenang dalam menyelesaikan sengketa konsumen, majelis BPSK berwenang dan mengadili serta memberikan sebuah putusan terhadap sengketa tersebut. Pasal 54 ayat (3) Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK) menjelaskan bahwa putusan majelis BPSK adalah bersifat final dan mengikat, artinya tidak ada lagi upaya banding dan kasasi pada putusan itu. Hal yang menarik terdapat di dalam Pasal 56 ayat (2) yang menyebutkan para pihak dapat mengajukan keberatan kepada pengadilan paling lambat 14 (empat belas) hari kerja setelah menerima pemberitahuan putusan tersebut. Persoalan di atas telah membuktikan bahwa adanya inkonsistensi yang dapat ditemukan dalam aturan hukum mengenai perlindungan konsumen. Hal itu jugalah yang dirasakan oleh Ludmilla, karena sengketa tersebut tidak hanya selesai di BPSK, tetapi terdapat upaya hukum dari PT NMI untuk mengajukan keberatan terhadap putusan yang di keluarkan oleh BPSK. Bentuk tanggung jawab PT NMI sebagai pelaku usaha terhadap praktik periklanan yang merugikan konsumen dan kepastian hukum putusan BPSK menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian normatifempiris. Pendekatan masalah dalam penelitian ini adalah pendekatan normatifterapan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara studi date: 2013-10-23 date_type: published publisher: Fakultas Hukum place_of_pub: Universitas Lampung citation: SUNTAN SATRIAREVA, 0912011255 (2013) KEKUATAN HUKUM PUTUSAN BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) TERHADAP SENGKETA KONSUMEN IKLAN OTOMOTIF YANG MENYESATKAN (Studi Kasus Putusan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen No. 099/Pts.A/BPSK-DKI/II/2012). Fakultas Hukum, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/5180/1/2.%20ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5180/2/3.%20COVER%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5180/3/4.%20HAL%20PERSETUJUAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5180/4/5.%20HAL%20PENGESAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5180/5/6.%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5180/6/8.%20MOTO.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5180/7/7.%20PERSEMBAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5180/8/9.%20SANWACANA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5180/9/10.%20DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5180/10/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5180/11/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5180/12/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5180/13/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5180/14/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5180/15/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf