%0 Generic %A ECA OKTADARMAFINA , 0913023079 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %F eprints:5186 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T ANALISIS KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN INFERENSI PADA MATERI OKSIDASI-REDUKSI DENGAN MODEL PROBLEM SOLVING %U http://digilib.unila.ac.id/5186/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan mengelompokkan dan inferensi pada materi oksidasi-reduksi dengan model problem solving untuk kelompok siswa kategori tinggi, sedang dan rendah. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X 4 SMA Negeri 4 Kotabumi. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen, desain one shot case study, dan analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian analisis pembelajaran materi oksidasi-reduksi dengan model pembelajaran problem solving menunjukkan bahwa : (1) keterampilan mengelompokkan diperoleh kelompok tinggi 50% berkriteria sangat baik, 50% berkriteria baik; kelompok sedang 20% berkriteria sangat baik, 53% berkriteria baik dan 27% berkriteria cukup; kelompok rendah 11% berkriteria sangat baik, 11% berkriteria baik, 45% berkriteria cukup, dan 33% berkriteria kurang. (2) Pada keterampilan inferensi diperoleh kelompok tinggi 83% berkriteria sangat baik, 17% berkriteria baik; kelompok sedang 20% berkriteria sangat baik, 47% berkriteria baik, dan 33% berkriteria cukup; kelompok rendah 33% berkriteria baik, 45% berkriteria cukup, dan 22% berkriteria kurang. Kata kunci : Problem Solving, keterampilan mengelompokkan, keterampilan inferensi, oksidasi-reduksi