?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=MENINGKATKAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+IPA+DENGAN+MODEL+STUDENT+TEAMS+ACHIEVEMENT+DIVISION+(STAD)++PADA+SISWA+KELAS+V+DI+SDN+1+TANJUNG+KEMALA++KECAMATAN+PUGUNG+TAHUN++PELAJARAN+2013%2F2014+&rft.creator=MARYANI+%2C+1113127009&rft.subject=Karya+Karya+Umum+%3D+000&rft.description=Tujuan+penelitian+ini+adalah+untuk+mengetahui+peningkatan+aktivitas+dan+hasil+belajar+IPA+dengan+mengunnakan+model+pembelajaran+kooprratif+tips+STAD+pada+siswa+kelas+V+SDN+1+Tanjung+Kemala+Tahun+Pelajaran+2013%2F2014%E2%80%9D.+%0D%0ASubjek+penelitian+ini+adalah+guru+sebagai+peneliti+dan+siswa++kelas+V+SDN+1+Tanjung+Kemala+semester+genap+tahun+pelajaran+2013%2F2014+yang+berjumlah+26+siswa+terdiri+12+siswa+laki-laki+dan+16+siswa+perempuan.+Rata-rata+hasil+belajar+IPA+dari+26+siswa+sebelum+diadakan+penelitian+tuntas+yang+tuntas+hanya+10+siswa+(38%2C46+%25)+dan+yang+belum+tuntas+16+siswa+(61%2C54+%25)+masih+dibawah+standar+KKM+70+(tujuh+puluh).++Dalam+penelitian+ini+data+yang+diperoleh+berupa+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa.+Data+aktivitas+belajar+diperolkeh+dengan+observasi+pada+saat+proses+pembelajaran.+Hasil+belajar+IPA+siswa+diperoleh+berdasarkan+hasil+post-test+diakhir+siklus.+Instrumen+yang+digunakan+yaitu+lembar+hasil+belajar.++%0D%0AHasil+penelitian+diketahui+bahwa+ada+peningkatan+rata-rata+presentase+aktivitas+belajar+siswa+pada+siklus+I+sebesar+15%2C85+%25+dan+meningkat+pada+siklus+II+menjadi+84%2C62+%25.+Rata-rata+ketuntasan+belajar+siswa+siklus+I+sebesar+46%2C15+%25+dan+siklus+II+sebesar+84%2C62+%25.+Hasil+penelitian+menunjukkan+ada+perubahan+rata-rata+ketuntasan+hasil+belajar+dari+siklus+I+ke+siklus+II+naik+sebesar+38%2C47+%25.++%0D%0ABerdasarkan+hasil+di+atas+diperoleh+kesimpulan+bahwa+hipotesis+tindakan+diterima+artinya+belajar+IPA+dapat+ditingkatkan+menggunakan+teknik+STAD+pada+siswa+kelas+V+SDN+1+Tanjung+Kemala+Tahun+Pelajaran+2013%2F2014.+Adapun+saran+dari+peneliti+untuk+guru+yaitu+guru+hendaknya+dapat+menerapkan+model+pembelajaran+teknik+STAD+dalam+pembelajaran+IPA+secara+efektif+sehingga+diharapkan+dapat+memotivasi+dalam+belajar+dan+menumbuhkan+keinginan+siswa+untuk+berprestasi+lebih+baik++%0D%0AKata+Kunci%3A+Aktivitas+belajar%2C+Hasil+Belajar%2C+IPA+dan++STAD+&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2014-07-19&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5196%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5196%2F2%2FCAVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5196%2F3%2FLEMBAR%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5196%2F4%2FLEMBAR%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5196%2F5%2FLEMBAR%2520PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5196%2F6%2FRIWAYAT%2520HIDUP.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5196%2F7%2FMOTO.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5196%2F8%2FPERSEMBAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5196%2F9%2FSANWACANA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5196%2F10%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5196%2F11%2FDAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5196%2F12%2FDAFTAR%2520GAMBAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5196%2F13%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5196%2F14%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5196%2F15%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5196%2F16%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5196%2F17%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5196%2F18%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++MARYANI+%2C+1113127009++(2014)+MENINGKATKAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+IPA+DENGAN+MODEL+STUDENT+TEAMS+ACHIEVEMENT+DIVISION+(STAD)+PADA+SISWA+KELAS+V+DI+SDN+1+TANJUNG+KEMALA+KECAMATAN+PUGUNG+TAHUN+PELAJARAN+2013%2F2014.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5196%2F