%0 Generic %A SHERLI APRILIA , 101353086 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %F eprints:5199 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS IVA SDN 11 METRO PUSAT %U http://digilib.unila.ac.id/5199/ %X Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar pada kompetensi sikap, pengetahuan, dam keterampilan siswa kelas IVA SDN 11 Metro Pusat melalui metode inkuiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi dan tes tertulis. Lembar observasi digunakan untuk mengamati kinerja guru dan hasil belajar siswa pada kompetensi sikap dan keterampilan. Tes tertulis digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa kompetensi pengetahuan. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVA. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada kompetensi sikap dan pengetahuan pada siklus I dan II yang tergolong tinggi kemudian meningkat menjadi sangat tinggi pada siklus III. Persentase hasil belajar siswa secara klasikal pada kompetensi keterampilan pada siklus I tergolong sedang, kemudian meningkat menjadi tinggi pada siklus II, dan meningkat menjadi kategori sangat tinggi pada siklus III. Kata Kunci : metode inkuiri, hasil belajar siswa (sikap, pengetahuan, dan keterampilan)