%A 1013023042 GAMILLA NURI UTAMI %T PENDEKATAN ILMIAH PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN ELABORASI %X Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas pendekatan ilmiah terhadap keterampilan siswa dalam mengelaborasi pada materi larutan elektrolit dan non- elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Bandar Lampung semester genap Tahun 2013-2014 dengan kelas X2 dan X3 sebagai sampel. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Efektivitas pende- katan ilmiah ditunjukkan oleh perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n- Gain keterampilan siswa dalam mengelaborasi untuk kelas kontrol dan eksperi- men masing-masing 0,47 dan 0,65. Berdasarkan pengujian hipotesis mengguna- kan uji-t, disimpulkan bahwa secara statistik rata-rata n-Gain keterampilan siswa dalam mengelaborasi pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit pada kelas yang diterapkan pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah lebih tinggi Gamilla Nuri Utami iii daripada rata-rata n-Gain keterampilan siswa dalam mengelaborasi pada kelas yang diterapkan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran materi larutan elektrolit dan nonelektrolit menggunakan pendekatan ilmiah efektif dalam meningkatkan keterampilan elaborasi. Kata kunci: elektrolit dan nonelektrolit, keterampilan elaborasi, pendekatan ilmiah %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %I FAKULTAS MIPA %L eprints5207