TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints5313 UR - http://digilib.unila.ac.id/5313/ A1 - Fitria Hani Aprina, 1016031096 Y1 - 2014/09/24/ N2 - Latar belakang penelitian ini adalah dalam seni tari, setiap penari harus mampu berkomunikasi secara kelompok dengan baik dan mencapai suatu kesepahaman dan penguasaan teknik yang sama agar tercapainya suatu tujuan. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui peran komunikasi kelompok dalam membentuk penguasaan anak terhadap teknik gerakan tari, kemudian untuk mengetahui, menggambarkan dan menjelaskan pola komunikasi yang terjadi antara tim pengajar dan anak dalam kelompok sanggar tari Sasana Budaya Bandar Lampung, dan yang terakhir untuk menganalisa tingkat efektifitas pola komunikasi kelompok sanggar Sasana Budaya terhadap penguasaan anak dalam memaknai gerak tari. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive (disengaja). Penelitian ini juga menggunakan Teori Pencapaian Kelompok. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi kelompok berperan untuk menunjang pemahaman anak dalam menguasai gerak tari. Pada analisis hasil penelitian telah dijelaskan bahwa pola komunikasi kelompok dalam sanggar ada dua, yaitu : pola roda dan pola bintang. Kedua pola tersebut terbukti efektif dalam membantu anak-anak saling bertukar informasi dengan pengajar atau penari anak lainnya sehingga tercapailah kesepahaman dan penguasaan terhadap teknik gerak tari. Kata kunci: Pola Komunikasi Kelompok, Penguasaan Teknik Gerak Tari Tradisional Anak. PB - FAKULTAS ILMU SOSIAN DAN POLITIK TI - ANALISIS POLA KOMUNIKASI KELOMPOK TERHADAP PENGUASAAN TEKNIK GERAK TARI TRADISIONAL PADA ANAK (Studi Pada Sanggar Tari Sasana Budaya Bandar Lampung) AV - restricted ER -