@misc{eprints542, month = {September}, title = {PENERAPAN PENDEKATAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP MATERI HIDROKARBON (PTK pada siswa kelas X1 SMA Negeri 7 Bandar Lampung TP 2010-2011)}, author = {ERMA FEBRIANDA }, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas KIP}, year = {2011}, url = {http://digilib.unila.ac.id/542/}, abstract = {Berdasarkan hasil wawancara serta studi dokumentasi yang diberikan oleh guru kimia kelas X1 SMA Negeri 7 Bandar Lampung diperoleh data bahwa rata-rata nilai pengusaan konsep kimia siswa kelas X1 pada materi pokok hidrokarbon tahun pelajaran 2009-2010 yaitu sebesar 57,91 dan hanya 43,75\% siswa yang memperoleh nilai ? 65. Nilai tersebut belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang diterapkan di SMAN 7 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2009-2010 yaitu 100\% siswa yang mencapai nilai ? 65. Sedangkan pada Tahun Ajaran 2010-2011 Kriteria Ketuntasan Minimal(KKM) yang diterapkan yaitu 100\% siswa yang mencapai nilai ? 68. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan : (1) Rata-rata persen-tase aktivitas belajar on task (2) Rata-rata penguasaan konsep kimia (3) Persentase ketuntasan belajar siswa, melalui pendekatan tutor sebaya pada materi pokok hidro-karbon dari siklus I ke siklus II. Erma Febrianda Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus, subjek penelitian adalah siswa kelas X1 SMA N 7 Bandar Lampung TP 2010-2011 yang berjumlah 32 orang. Data penelitian terdiri dari data aktivitas on task, dan data penguasaan konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan: (1) rata-rata persentase setiap jenis aktivitas on task siswa, dari siklus I ke siklus II adalah sebagai berikut: Aktif bertanya kepada guru sebesar 17,95\% ; Aktif dalam diskusi kelompok sebesar 5,15\% ; Aktif dalam mengemukakan pendapat sebesar 16,66\%; Aktif dalam mengerjakan LKS sebesar 14,09. (2) persentase penguasaan konsep dari siklus I ke siklus II sebesar 15,27\%,. (3) ketuntasan belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 26,93\%. Kata kunci : pembelajaran menggunakan pendekatan tutor sebaya, aktivitas on task, penguasaan konsep, ketuntasan belajar.} }