title: STRATEGI MANDO-POP DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN GLOBAL creator: SEVY LELIBRIANI, 1516071053 subject: H Social Sciences (General) description: Budaya populer merupakan budaya yang sengaja lahir dan berkembang dalam masyarakat sehingga disukai oleh banyak orang. Budaya populer umumnya dimanfaatkan negara sebagai soft-power agar dapat diterima oleh negara lain. Salah satu negara yang memanfaatkan budaya populernya adalah Tiongkok. Tiongkok memiliki Mando-pop sebagai budaya populer yang mampu meningkatkan posisinya di dunia. Sebagai negara yang sebelumnya tidak mendukung musik yang non-patriotik, kini Tiongkok beralih untuk mendukung budaya populernya. Tiongkok memiliki strategi yang besar sehingga Mandopop mampu diterima oleh masyarakat internasional dan mampu bersaing di level global. Hal tersebut memunculkan pertanyaan penelitian, yakni: “Bagaimana strategi Tiongkok agar Mando-pop mampu menghadapi persaingan global?” Penelitian yang memiliki batasan masalah pada tahun 2010-2018 ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder serta data primer yang didapatkan dari hasil wawancara untuk memvalidasi keabsahan data sekunder. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa aktor negara maupun non-negara di Tiongkok saling bekerjasama untuk menyebarluaskan Mando-pop walaupun tujuan akhir dari kedua aktor berbeda. Aktor negara memiliki tujuan untuk menjadi kekuatan hegemoni budaya baru sedangkan aktor non-negara lebih berorientasi pada tujuan ekonomi. Sementara itu, strategi yang digunakan adalah menyesuaikan Mando-pop dengan selera pasar musik global serta pemanfaatan teknologi. Kata kunci : Mando-pop, Budaya Populer, Grobalisasi, Tiongkok publisher: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK date: 2019 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/54479/1/1.%20ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/54479/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/54479/3/3.%20SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: SEVY LELIBRIANI, 1516071053 (2019) STRATEGI MANDO-POP DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN GLOBAL. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/54479/